Di balik 1.000 lilin ini ada harapan persatuan agar keberagaman ini mengikat persatuan
Jakarta (ANTARA) - Relawan Prabowo-Gibran Satu Ibu Pertiwi (Pragibsip) menyalakan 1.000 lilin sambil menyerukan pesan pentingnya menjaga perdamaian dan kerukunan antarwarga selama Pemilu 2024.

Ketua Relawan Pragribsip Ica Simon menjelaskan aksi damai itu pengingat bagi para pendukung pasangan calon presiden-calon wakil presiden, terlepas dari pilihan yang berbeda, mereka berkewajiban menjaga kerukunan di tengah masyarakat.

"Di tengah suasana kompetisi yang keras, kami melihat Pak Prabowo dan Mas Gibran selalu menyerukan pentingnya persatuan, pentingnya kerukunan. Apa yang kami relawan lakukan hari ini adalah melaksanakan pesan Pak Prabowo dan Mas Gibran," kata Ica saat acara yang juga menjadi ajang deklarasi dukungan dari kelompoknya untuk pasangan Prabowo-Gibran di pelataran kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara No. 4, Jakarta, Rabu.

Dia lanjut menyebut aksi menyalakan 1.000 lilin tersebut diikuti relawan-relawan dari ragam suku dan agama. Meskipun mereka berbeda, para relawan menyadari mereka sama-sama bertekad membangun Indonesia menjadi lebih baik ke depannya, Ica menambahkan.

"Di balik 1.000 lilin ini ada harapan persatuan agar keberagaman ini mengikat persatuan kita. Di setiap lilin yang menyala memancarkan kasih sayang sekaligus komitmen kami untuk memberikan kontribusi untuk membangun Indonesia lebih maju, menjadi negara yang adil dan makmur," kata dia.

Baca juga: UNJ sampaikan "Deklarasi Rawamangun" untuk pemilu damai
Baca juga: Rektor Untirta serukan pemilu damai dan berintegritas


Di lokasi acara, Wakil Komandan Fanta Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran Hendy Setion memuji aksi relawan itu. Dia meminta para relawan pendukung Prabowo-Gibran untuk terus menyebarkan pesan-pesan damai terutama selama masa kampanye Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Atas nama TKN, kami mengucapkan terima kasih atas doa dan ketulusan yang disampaikan malam hari ini. Untuk itu di sisa hari menuju 14 Februari, di mana itu Hari Kasih Sayang, kita semua akan memberikan tanda cinta kita dengan mencoblos nomor 02,” kata Hendy.

Pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka hampir setiap hari, termasuk saat akhir pekan, menerima dukungan dari berbagai kelompok relawan dan masyarakat.

Deklarasi itu beberapa kali dihadiri oleh Prabowo, tetapi sering pula diwakili oleh perwakilan TKN Prabowo-Gibran. Umumnya deklarasi dukungan kepada Prabowo-Gibran itu digelar di pelataran kediaman Prabowo di Kertanegara, Jakarta Selatan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yaitu pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 01, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 02, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 03.

Masa kampanye Pemilu 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11–13 Februari 2024. Kemudian, pemungutan suara untuk memilih presiden-wakil presiden dan anggota legislatif berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.

Baca juga: Waketum MUI minta pemangku kepentingan berjiwa kesatria saat pemilu
Baca juga: Pemuka agama di Indonesia serukan Pemilu jujur, adil, dan bermartabat
Baca juga: Rektor Unsri sebut dinamika politik harus menjaga keharmonisan

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024