Jakarta (ANTARA) - Gol semata wayang Alex Berenguer membawa Athletic Bilbao menang impresif 1-0 di markas Atletico Madrid, pada semifinal leg pertama Piala Raja, Rabu setempat atau Kamis dini hari WIB.

Pemain sayap itu mengonversi penalti pada menit ke-25 untuk mengunci kemenangan, namun Atletico dibuat frustrasi setelah permohonan penalti mereka di akhir pertandingan tidak disahkan.

Yeray Alvarez melanggar Alvaro Morata di kotak terlarang, namun tinjauan VAR memperlihatkan bahwa sang penyerang telah terlebih dahulu berada dalam posisi offside dalam proses terjadinya pelanggaran itu.

Ini merupakan kekalahan kandang pertama Atletico di semua kompetisi pada musim 2023/2024.

“Mereka menekan kami dengan baik khususnya pada babak kedua, namun pada akhirnya kami mendapatkan hasil yang sangat baik. Kami melakukan apa yang perlu kami lakukan sepanjang tahun, tim banyak berkorban dan inilah jalan yang perlu kami teruskan,” kata Berenguer seperti dikutip AFP.​​​​​​​

Atletico yang duduk di posisi keempat klasemen Liga Spanyol dan tertinggal sepuluh poin dari pemuncak klasemen Real Madrid, akan sangat bersyukur jika bisa memenangi Piala Raja.

Pasukan Diego Simeone menaklukkan juara bertahan Real Madrid di 16 besar dan mendepak Sevilla untuk mencapai semifinal, namun akan perlu meraih kebangkitan saat bermain di Basque pada 29 Februari mendatang.

Sementara itu Bilbao, memutus rekor 31 kemenangan Barcelona di perempat final, dan bermain dengan keberanian penuh di Stadion Metropolitano.

Klub Basque itu telah menelan kekalahan pada enam final Piala Raja terakhir yang mereka mainkan, meski mereka memiliki catatan sangat bagus dengan 23 trofinya di ajang itu.

Tim tamu membuka keunggulan di ibukota ketika Reinildo Mandava melanggar Benat Prados di titik putih untuk membuat timnya dihukum penalti. Berenguer kemudian menjadi algojo penalti, dan sukses mengecoh kiper Atletico Jan Oblak.

Memphis Depay berpeluang menyamakan kedudukan, namun Aitor Paredes mampu memblok tembakannya setelah kesalahan yang dilakukan Julen Agirrezabala. Peluang lain milik Atletico disia-siakan Antoine Griezmann yang sepakannya melebar.

Asier Villalibre semestinya menggandakan keunggulan Bilbao dengan sepakannya yang mengenai sisi samping gawang, setelah Oblak menepis tembakan yang tertuju ke arah pergerakannya.

Menjelang pertandingan usai, Atletico berpikir mereka mendapat hadiah penalti, namun offside Morata membuat penalti itu dibatalkan. Upaya terakhir sang penyerang juga gagal berbuah gol, saat tandukannya melebar.

Real Sociedad bermain imbang 0-0 di markas Real Mallorca pada semifinal leg pertama lainnya pada Selasa.

Baca juga: Gol semata wayang Depay antar Atletico ke semifinal Piala Raja

Baca juga: Menang 4-2, Atletico singkirkan Real Madrid dari Copa Del Rey

Baca juga: Barcelona ke perempat final setelah tekuk Unionistas de Salamanca 3-1


Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024