Jakarta (ANTARA) - Dekorasi lampion merah dan ornamen bergambar naga menghiasi plafon di beberapa stasiun kereta di Jakarta, menghadirkan suasana baru dan antusiasme menjelang Tahun Baru Imlek yang akan berlangsung pada akhir pekan ini.

Stasiun Tanah Abang, Stasiun Juanda, dan Stasiun Jurangmangu termasuk dalam deretan stasiun yang sudah bersolek dengan ornamen Imlek sejak dua pekan terakhir.

Hiasan Tahun Baru Imlek ini mendapat sambutan positif dari masyarakat, salah satunya Anisa Indraini yang setiap hari berangkat ke tempat kerja menggunakan kereta melalui Stasiun Tanah Abang.

Menurutnya, tampilan baru itu sangat menarik karena memberikan suasana baru di stasiun yang sehari-hari sudah cukup sesak oleh penumpang.

"Suasana stasiun menjadi meriah, penumpang yang tadinya merasa kelelahan saat pulang kerja menjadi lebih segar saat melihat hiasan yang berwarna merah terang," ujarnya saat ditemui di Stasiun Tanah Abang pada Selasa (6/2).

Meski tidak merayakan Imlek, wanita berusia 26 tahun itu menilai stasiun kereta lainnya perlu menghadirkan hiasan serupa sebagai bentuk dukungan terhadap keberagaman budaya di Indonesia.

Bagi kaum pekerja seperti Anisa, Tahun Baru Imlek juga sangat dinantikan karena merupakan hari libur nasional, terlebih tahun ini akan berbarengan dengan beberapa hari libur lainnya seperti peringatan Isra Miraj dan mendekati libur pemilihan umum (pemilu).

Karena itu, kehadiran ornamen di Stasiun Tanah Abang mengingatkannya hari libur panjang segera tiba.

Seorang pelajar sekolah menengah atas (SMA) Safira Putri menekankan pentingnya saling menghargai kebudayaan melalui kehadiran hiasan menjelang Imlek. "Tampilan stasiun juga jadi lebih cantik dan tidak terlalu membosankan," ujarnya.

PT Kereta Commuter Indonesia selaku operator mengatakan ornamen terkait Imlek rutin dihadirkan setiap tahun di stasiun-stasiun kereta rel listrik (KRL) di wilayah Jabodetabek agar seluruh penumpang bisa ikut merasakan kemeriahan tahun baru dalam kalender bulan China tersebut.

Namun hiasan ini hanya ada di beberapa stasiun besar, sementara beberapa stasiun lainnya juga biasanya menjalin kerja sama dengan pengembang properti di sekitar stasiun untuk menghadirkan hiburan terkait Imlek

Berbagai hiburan tidak hanya hadir di stasiun yang melayani perjalanan kereta KRL lokal di wilayah Jabodetabek, tetapi juga di stasiun kereta perjalanan jarak jauh luar kota.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional 1 Jakarta akan menghadirkan pertunjukan barongsai di Stasiun Pasar Senen pada Sabtu (10/2) pagi, yang merupakan hari pertama tahun baru tersebut.

"Untuk di Stasiun Gambir, kami akan membagikan kue keranjang di Kereta Api Pangandaran relasi Gambir-Garut pulang pergi," kata Manajer Humas KAI Daerah Operasional 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko dalam keterangannya.

Pewarta: Xinhua
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2024