Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal ASEAN Kao Kim Hourn menegaskan kesiapan Sekretariat untuk mempromosikan kerja sama ASEAN-Australia dalam rangka Peringatan 50 Tahun Hubungan Dialog kedua pihak pada tahun ini.

Kesiapan kerja sama tersebut disampaikan Sekjen saat menerima Letter of Credence (LOC) dari Duta Besar Australia untuk ASEAN Tiffany McDonald yang baru saja diangkat.

Melalui keterangan resminya yang diterima di Jakarta, Kamis, Sekjen Kao Kim Hourn menekankan pentingnya Hubungan Dialog ASEAN-Australia yang berkontribusi terhadap pembangunan dan peningkatan perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di kawasan.

Ia juga menekankan komitmen kedua pihak untuk lebih memperkuat Kemitraan Strategis Komprehensif ASEAN-Australia.

Duta Besar Tiffany McDonald pun mengapresiasi sambutan dari Sekjen Kao Kim Hourn. Ia menegaskan kembali ASEAN sebagai mitra penting bagi Australia dan komitmen Australia untuk lebih memperkuat kerja sama dengan ASEAN di bawah kemitraan ASEAN-Australia.

Baca juga: Australia umumkan kontribusi untuk ketahanan pangan ASEAN

Dubes  McDonald juga menyampaikan komitmennya untuk mendukung upaya-upaya Sentralitas ASEAN dan Pembangunan Komunitas ASEAN, sekaligus menantikan kerja sama dengan Sekretariat ASEAN dalam memajukan hubungan ASEAN-Australia.

ASEAN dan Australia menjalin Hubungan Dialog sejak 1974 yang kemudian ditingkatkan menjadi Kemitraan Strategis pada 2014 dalam rangka peringatan 40 tahun hubungan tersebut.

Kedua belah pihak menyepakati Kemitraan Strategis Komprehensif ASEAN-Australia pada 2021. Selama 50 tahun terakhir, kerja sama antara ASEAN dan Australia terus berkembang, diperdalam, dan diperluas hingga mencakup berbagai bidang di tiga pilar Komunitas ASEAN.

Kedua pihak merayakan peringatan HUT ke-50 Hubungan Dialog tahun ini dengan penyelenggaraan  KTT Khusus ASEAN-Australia yang rencananya akan diselenggarakan di Melbourne, Australia, pada 4-6 Maret 2024.

Baca juga: Australia berkomitmen dukung ASEAN dalam jangka panjang

Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2024