Jakarta (ANTARA) - Ketiga pasangan capres-cawapres makin gencar menggelar Kampanye Akbar untuk menyampaikan visi-misi dan program unggulan masing-masing demi menarik simpati dan suara masyarakat pada hari pencoblosan pada 14 Februari 2024.

Dalam kampanye tersebut ketiga pasangan menyampaikan pesan yang berbeda-beda kepada masyarakat. Anies Baswedan kembali menyampaikan pesan kepada masyarakat untuk menjadi agen perubahan.

Gibran Rakabuming Raka menyampaikan pesan damai agar pendukungnya tidak menjelekkan pasangan capres-cawapres lainnya, sedangkan Ganjar Pranowo menyampaikan pesan kemanusiaan agar rakyat tetap peduli dengan sesama di tengah euforia pesta demokrasi.

SImak lebih lengkap catatan para pasangan capres-cawapres menyuarakan visi-misi dalam perjalanan menuju kursi orang nomor satu di Republik Indonesia.

Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar

Pasangan capres-cawapres nomor urut 1 Anies Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mengisi hari ke-72 Kampanye Pilpres 2024 di dua lokasi berbeda.

Anies menggelar Kampanye Akbar di Sintang, Kalimantan Barat dan Kampanye Akbar di Samarinda, Kalimantan Timur.

Dalam kampanye-nya Anies kembali menyuarakan pesan perubahan kepada ribuan pendukungnya yang hadir di dua lokasi kampanye tersebut.

Pada kampanye di GOR Kadrie Oening Sempaja, Samarinda, Kalimantan Timur, Anies mengajak para pendukungnya, khususnya kaum ibu-ibu, untuk menjadi pejuang perubahan. Ia meminta mereka untuk merekam pidatonya dengan ponsel dan menyebarkannya kepada keluarga dan teman-teman mereka.

Anies juga menekankan pentingnya persatuan dan solidaritas dalam berjuang untuk perubahan. Ia mengingatkan bahwa perjuangan ini bukan hanya untuk diri sendiri, tapi juga untuk jutaan saudara-saudara yang punya harapan sama.

Sedangkan cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengawali kampanye dengan berkunjung ke Pasar Rogojampi, di Banyuwangi, Jawa Timur.

Selanjutnya, Cak Imin juga berdiskusi dengan 1.000 Guru Ma'arif di salah satu hotel di Banyuwangi dan dilanjut dengan diskusi 'Slepet Imim' bersama masyarakat di Plengsengan, Banyuwangi.

Gus Imin kemudian melanjutkan perjalanan ke Bandung untuk konsolidasi dengan jajaran Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan para caleg.

Kampanye Imin pada hari ke-72 pun ditutup dengan Istighatsah Akbar Rebut Kemenangan AMIN di salah satu hotel di Bandung.

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka

Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mengawali Kampanye Pilpres Hari ke-72 dengan menonton konser bersama para relawan di Medan, Sumatera Utara.

Keduanya akan menyapa para pendukung sambil menonton penampilan dari beberapa artis, seperti The Bagindaz dan Wika Salim.

Dalam kesempatan itu, Gibran mengingatkan kepada pendukungnya agar tidak menjelekkan program pasangan calon lain.

"Saya ingatkan teman-teman semua, terutama anak muda, jangan menjelek-jelekkan program dari pasangan calon lain," ujar Gibran saat melakukan orasi di Stadion Baharoeddin Siregar, Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara, Rabu.

Selain itu, Gibran mengatakan jika ada yang membuat berita negatif, fitnah maupun "nyinyiran" di media sosial (medsos) agar jangan ditanggapi.

Paling penting, menurut Gibran, jangan sampai ada yang tidak mencoblos pada 14 Februari 2024.

Ganjar Pranowo-Mahfud Md

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo berkampanye di Jawa Tengah sedangkan calon wakil presiden Mahfud Md bertolak ke Jawa Timur pada pada hari ke-72 Kampanye Pilpres 2024.

Ganjar mengawali kampanye dengan menghadiri deklarasi dukungan Persatuan Purnawirawan (PP) Polri di De Tjolomadoe, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

Mantan gubernur Jawa Tengah itu kemudian mengunjungi korban banjir Grobogan di Desa Cingkrong, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Dalam kesempatan itu Ganjar juga mengajak masyarakat untuk mengheningkan cipta mendoakan korban banjir Grobogan.

"Politik juga ngurusin kemanusiaan, bahkan di atas politik itu ada kemanusiaan dan itu harus kita kembangkan, maka izinkan saya tidak berorasi banyak, saya ingin mengajak mengheningkan cipta dan berdoa bersama agar banjir-nya segera hilang, agar tanaman petani tidak rusak, agar saudara kita tidak terkena penyakit," kata Ganjar.

Seperti diketahui, tanggul Sungai Lusi jebol di beberapa titik dan jebol-nya tanggul mengakibatkan banjir bandang yang menerjang sejumlah wilayah di Kota Purwodadi, Kabupaten Grobogan. Bukan hanya pemukiman, air juga meluap ke jalan-jalan.

Ganjar kemudian akan menghadiri diskusi dengan 500 orang petani di Dusun Gebangan, Desa Putat, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan dan selanjutnya menghadiri Hajatan Rakyat Grobogan di Stadion Krida Bhakti, Kabupaten Grobogan.

Capres berambut putih itu kemudian hadir dalam acara Hajatan Rakyat Magelang di Lapangan Bola Tamanagung, Kabupaten Magelang dan Ganjar mengakhiri kegiatan kampanye dengan menghadiri Hajatan Rakyat Klaten di Lapangan Merdeka Klaten di Kabupaten Klaten.

Sementara itu, Mahfud hadir dalam acara di Bonderland Malang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, dan menghadiri acara pengajian Group 50 Albanjari, Kecamatan Sunduro, Kota Lumajang, Jawa Timur.

Mahfud mengakhiri kegiatan kampanye di hari ke-72 dengan menghadiri "Tabrak, Prof!" di Pos Bloc, Jakarta, Rabu malam.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, masa tenang pada tanggal 11—13 Februari, dan hari-H pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024