kegiatan ini untuk melihat sejauh mana kesiapsiagaan personel dan alat material khusus (almatsus) menghadapi puncak tahapan Pemilu 2024
Jakarta (ANTARA) -
Polda Metro Jaya menyelenggarakan apel personel dan peralatan dalam rangka persiapan pengamanan pemilu dalam rangka Operasi Mantab Brata Jaya Tahun 2023–2024 di lapangan Presisi Ditlantas Polda Metro Jaya, Kamis.
 
Kakorsabhara Baharkam Polri Irjen Pol Hary Sudjiwanto selaku pimpinan apel  menjelaskan kegiatan ini untuk melihat sejauh mana kesiapsiagaan personel dan alat material khusus (almatsus) menghadapi puncak tahapan Pemilu 2024 yaitu pemungutan dan penghitungan suara.
 
"Kami sampai dengan saat ini masih melaksanakan tahapan Operasi Mantap Brata 2023/2024 yang dimulai dari pendaftaran kampanye, hingga pemungutan suara, perselisihan hasil Pemilu, serta pengucapan sumpah janji Presiden dan Wakil Presiden, " katanya.
 
Hary menjelaskan kondisi geografis Indonesia khususnya wilayah Polda Metro Jaya yang terdiri atas daratan, pantai, perairan termasuk perubahan iklim cuaca yang sedang tidak menentu akan mempengaruhi pola pengamanan dan kebutuhan almatsus di lapangan.

"Jakarta sebagai ibukota negara mempunyai tantangan tugas yang sangat kompleks dibandingkan dengan polda-polda lain. Tentunya hal ini membutuhkan kerja keras dan ekstra di dalam menjaga situasi kamtibmas yang kondusif karena pusat dari pemilu seluruhnya akan bermuara di wilayah Jakarta, " katanya.
 
Hary menambahkan fungsi Sabhara adalah merupakan salah satu ujung tombak dalam melaksanakan tugas preventif Kepolisian, hal ini dipresentasikan dengan kehadiran Anggota Sabhara Polri di masyarakat untuk memberikan rasa aman dan memberikan bantuan kepada siapapun yang membutuhkan bantuan.
 
"Kegiatan Patroli Perintis Presisi yang rekan- rekan lakukan bersama dengan unsur-unsur terkait seperti Bhabinkamtibmas, Polisi Lalu Lintas dan unsur yang lain ini memberikan dampak positif terhadap  tren gangguan Kamtibmas yang turun, hal inilah yang seluruh pengemban fungsi pencegahan bahwa menangkap pelaku kejahatan sebuah kebanggaan, tetapi mencegah masyarakat menjadi korban kejahatan adalah kemuliaan," ucapnya.
 
Hary juga berpesan kepada peserta apel agar selalu semangat dan bekerja dengan sungguh-sungguh, tunjukkan kebanggaan bahwa Sabhara adalah fungsi yang besar dan merupakan salah satu fungsi utama Kepolisian memiliki banyak almatsus yang canggih untuk mendukung pelaksanaan tugas di lapangan.
 
"Kalau melihat dari kesiapan, saya optimis Polda Metro Jaya akan bisa memberikan rasa aman kepada masyarakat yang dilayani. Demikian juga peralatan yang tadi kami cek semuanya pada kondisi prima, siap digunakan untuk membantu anggota di dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya bidang pengamanan dari satgas preemtif, preventif, sampai dengan satgas penegakan hukum (Gakkum) tergelar dengan baik," ungkapnya.
 
Lebih jauh, dia mengatakan kesiapan personel juga terlihat dari Satuan Tugas Bantuan Operasi (Satgas Banops), seperti tim kesehatan, informasi teknologi (IT) dan lain sebagainya.
 
"Semua sudah siap. Saya yakin semua nanti akan berjalan baik dan bisa memberikan rasa aman dan kelancaran dalam kegiatan Pemilu," pungkasnya.
 
Apel gelar pasukan ini juga dihadiri Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Suyudi Ario Seto, Dirsamapta Korsabhara Baharkam Polri, Dirpamobvit Korsabhara Baharkam Polri , Dirpolsatwa Korsabhara Baharkam Polri, perwakilan KPU DKI Jakarta, perwakilan Bawaslu DKI Jakarta dan Pejabat Utama Polda Metro Jaya.
Baca juga: Jelang Pemilu 2024, Polda Metro Jaya gelar Istigosah Kubro
Baca juga: Polda Metro Jaya kerahkan 2.292 personel saat debat capres terakhir
Baca juga: Polisi siapkan 2.579 personel amankan kampanye Ganjar-Mahfud di GBK

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024