Tangerang (ANTARA News) - Pemberangkatan jamaah calon haji Kota Tangerang, Banten, yang berjumlah 1.884 orang dibagi dalam lima kloter.

Kepala Staf Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Kota Tangerang, Nawawi di Tangerang, Jumat, mengatakan, gelombang satu meliputi kloter 05 dan 18. Gelombang Dua meliputi Kloter 25, 28, 32 dan 33.

"Untuk Kloter 05 atau pemberangkatan pertama berjumlah 450 Calhaj dan telah diberangkatkan pada kemarin," katanya.

Pihaknya pun menyampaikan terima kasih kepada Pemerintahan Kota Tangerang yang telah memberikan pelayanan serta fasilitas terbaik kepada seluruh jamaah Calhaj.

Mulai dari pemeriksaan kesehatan di Puskesmas serta Dinas Kesehatan melalui pelayanan vaksinasi meningitis yang diberikan secara gratis.

"Hingga fasilitas akomodasi berupa bus yang turut mengantarkan Calhaj ke embarkasih haji Pondok Gede," katanya.

Plt Sekretaris Daerah Kota Tangerang, Rakhmansyah menyampaikan Pemkot Tangerang sangat memperhatikan prosesi tahunan ini, diantaranya dengan memberikan insentif kepada para Calhaj Kota Tangerang berupa transportasi bus serta tes kesehatan secara cuma-cuma alias gratis.

Oleh karena itu, Ia berharap para Calhaj Kota Tangerang dapat selalu menjaga nama baik Kota Tangerang dengan selalu menjaga kekompakan diantara sesama jamaah haji Kota Tangerang maupun dengan ketua rombongan serta pendamping para Calhaj selama berada di Mekkah.

"Kami juga meminta kepada seluruh Calon Jemaah Haji untuk selalu menjaga kondisi fisik serta kesehatan selama prosesi ibadah haji di Mekkah," katanya.

Lebih lanjut, Plt Sekda juga menuturkan meski khusyu menjalankan prosesi ibadah haji, jangan sampai mengabaikan keberadaan individu lainnya yang ada di sekitar kita.

Terlebih yang memang membutuhkan pertolongan ataupun dengan barang - barang bawaan sebagai penunjang kegiatan ibadah disana.

"Jangan lengah. Jaga selalu persatuan dan kesatuan diantara sesama jamaah dengan saling membantu satu sama lain," katanya.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013