Tujuan yang paling banyak diminati pelanggan KA adalah Kota Surabaya, sedangkan KA lokal Pandanwangi tujuan paling banyak ke Banyuwangi,
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Surabaya dan Banyuwangi di Jawa Timur menjadi tujuan favorit penumpang kereta api di sejumlah stasiun di wilayah Daerah Operasi (Daop) 9 Jember sepanjang Pasuruan hingga Banyuwangi saat libur Isra' Miraj Nabi Muhammad SAW pada Kamis.

"Tujuan yang paling banyak diminati pelanggan KA adalah Kota Surabaya, sedangkan KA lokal Pandanwangi tujuan paling banyak ke Banyuwangi," kata Manajer Hukum dan Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 9 Cahyo Widiantoro di Jember.

Menurutnya jumlah penumpang KA yang berangkat pada Kamis dari Daop 9 Jember sebanyak 9.433 orang,  meningkat sebanyak 36 persen jika dibandingkan dengan Kamis (1/2) pekan sebelumnya yang hanya memberangkatkan 6.914 penumpang.

"Jumlah penumpang tersebut kemungkinan masih bertambah dan memang terjadi peningkatan selama libur panjang akhir pekan ini yang bertepatan dengan libur Isra' Miraj Nabi Muhammad SAW dan Tahun Baru Imlek," tuturnya.

Baca juga: KAI Cirebon siapkan 14.210 tiket selama libur panjang Februari 2024

KA Probowangi relasi Ketapang-Surabaya menjadi salah satu kereta ekonomi paling favorit yang selalu ludes tiketnya saat akhir pekan dan libur panjang karena harganya sangat terjangkau.

Kereta lokal yakni KA Pandanwangi relasi Jember-Banyuwangi juga selalu diserbu penumpang karena harga tiketnya sangat terjangkau yakni Rp8 ribu.

Baca juga: Daop 8: 61.242 pelanggan gunakan kereta api pada libur Imlek 2024

Meskipun terjadi lonjakan penumpang saat libur panjang akhir pekan, KAI Daop 9 Jember tidak menambah kereta  dan memaksimalkan rangkaian KA yang sudah ada.

"Tidak ada kereta tambahan untuk libur Isra' Miraj Nabi Muhammad SAW karena dinilai masih cukup dengan KA reguler yang ada dan beroperasi di wilayah Daop 9 Jember," katanya.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024