Tujuan yang paling banyak dituju adalah Surabaya, yaitu Stasiun Pasar Turi, saat liburan Natal dan Tahun Baru kali ini
Jakarta (ANTARA) - Hampir sebanyak 40 persen penumpang kereta api dari Stasiun Pasar Senen, Jakarta mayoritas menuju ke Stasiun Pasar Turi, Surabaya selama liburan Natal dan Tahun Baru 2020.

"Tujuan yang paling banyak dituju adalah Surabaya, yaitu Stasiun Pasar Turi, saat liburan Natal dan Tahun Baru kali ini," kata Kepala Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Dananjaya, Senin.

Baca juga: Menhub sebut tol Japek pengaruhi jumlah penumpang kereta api

Kepada ANTARA, Dananjaya mengatakan Stasiun Pasar Senen tidak memiliki fasilitas pelayanan khusus daripada tahun sebelumnya, hanya personel petugas stasiun dan keamanan yang mengalami tambahan untuk mengawal di Stasiun Pasar Senen.

"Fasilitas tambahan tidak ada, masih sama seperti sebelumnya, hanya personel petugas pelayanan stasiun dan kemanan yang mengalami penambahan," kata Dananjaya.

Hingga H-2 perayaan Hari Natal Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin telah melayani sebanyak 109.657 penumpang sejak tanggal 19 Desember 2019.

Berdasarkan data yang dihimpun ANTARA di Stasiun Senen, Jakarta, hingga pukul 14.00 WIB, Senin, sebanyak 22.341 penumpang telah berangkat dari Stasiun Pasar Senen pada hari ini.

Prediksi total penumpang selama masa libur Natal dan Tahun Baru 2020 adalah sebanyak 1.347.763 penumpang. Jumlah tersebut meningkat 7 persen dibandingkan tahun 2018 yaitu sebanyak 1.254.307 penumpang.

Stasiun Pasar Senen menyediakan kereta api reguler sebanyak 27 kereta api, dan jumlah kereta tambahan sebanyak lima kereta api.

Untuk volume kedatangan sendiri, di Stasiun Pasar Senen melayani sebanyak 16.714 sejak posko dibuka pada tanggal 19 Desember 2019 hingga hari ini.

Baca juga: H-2 Natal, Stasiun Pasar Senen layani 109.657 penumpang
Baca juga: KAI luncurkan KA Dharmawangsa Stasiun Senen-Pasar Turi Surabaya

Pewarta: Afut Syafril Nursyirwan
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2019