Tahun 2023 kemarin 26 pasar sudah kita cat
Jakarta (ANTARA) - Perumda Pasar Jaya menyiapkan program perbaikan 36 pasar di Jakarta selama tahun anggaran 2024 berupa pengecatan ulang eksterior dan perbaikan kerusakan kecil pada bangunan.
 
Direktur Utama Perumda Pasar Jaya, Agus Himawan Widiyanto mengatakan sebanyak 26 pasar sudah diperbaiki pada 2023.
 
"Pengecatan eksterior dan pemeliharaan toilet. Tahun 2023 kemarin 26 pasar sudah kita cat. Tahun ini 36 pasar sudah dimulai  secara bertahap," kata Agus saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis.
 
Agus menjelaskan perbaikan sejumlah pasar itu merupakan upaya menciptakan lingkungan yang ideal untuk berbagai aktivitas perdagangan dalam rangka mendukung kegiatan ekonomi dan sosial guna mewujudkan Jakarta sebagai kota global.
 
"Setelah Jakarta tidak lagi menjadi ibu kota tentunya Jakarta tetap menjadi kota jasa dan perdagangan di mana pasar salah satu pendukung kegiatan ekonomi harus kita modernisasi dan remajakan untuk memberikan kenyamanan kepada pengunjung maupun pedagang," jelas Agus.
 
Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyiagakan petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI untuk menjaga keamanan dan ketertiban di sejumlah pasar di Jakarta.
 
"Dengan hadir Satpol PP di pasar ini bisa mengayomi pedagang dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab," kata Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi DKI Sigit Wijatmoko saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat (2/2).
 
Selain itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga menggandeng Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pasar Jaya dalam menjaga kondisi pasar tetap aman.

Namun Sigit tidak menyebutkan berapa personel Satpol PP yang nantinya akan dihadirkan di setiap pasar.
 
Sigit menjelaskan, petugas Satpol PP DKI Jakarta dilibatkan di tengah pasar karena memiliki tugas sesuai Peraturan Daerah (Perda) tentang Ketertiban Umum (tibum).
Baca juga: Pasar Jaya Lakukan Peresmian Pasar Jatirawasari dan Pasar Cilincing
Baca juga: DKI siagakan Satpol PP untuk jaga keamanan pasar di Jakarta
Baca juga: Perumda Pasar Jaya lakukan Penandatanganan PKS bersama Satpol PP

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024