Jadi terkait keberangkan jemaah calon haji sudah tidak ada masalah...
Ambon (ANTARA News) - Tercatat sebanyak 569 orang jemaah calon haji asal Provinsi Maluku siap berangkat menuju Tanah Suci pada 26 September 2013.

"Karena itu rencana keberangkatan menuju embarkasi Makasar dimulai dari tanggal 24 September 2013 untuk jemaah yang masuk kelompok terbang (Kloter) 17 dan tanggal 25 September untuk Kloter 18," kata Kabid Penyelenggara Haji Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Rahman Tubaka di Ambon, Jumat.

Kalau tidak ada halangan, lanjutnya, sesuai rencana acara pelepasan jemaah calon haji akan dilaksanakan pada tanggal 20 September di gedung Ashari Al Fatah Ambon oleh Gubernur Maluku, Alber Karel Ralahalu.

"Jadi terkait keberangkan jemaah calon haji sudah tidak ada masalah lagi baik itu terkait administrasi maupun kegiatan-kegiatan lainnya menyangkut keberangkatan, seperti paspor, biaya perjalanan ibadah haji (BPIH), pemberian vaksin maupun pelaksanaan manasik," ujarnya.

Rahman menjelaskan, 569 orang jemaah calon haji itu terdiri dari 564 orang calon haji reguler dan lima orang lainnya adalah petugas daerah.

Ditanya terkait rencana keberangkatan jemaah asal Tual,kabupaten Maluku Tenggara, kemudian Dobo, Kabupaten Aru maupun dari Saumlaki, Kabupaten Maluku Tenggara Barat menuju embarkasi Makasar, Rahman menjelaskan, hal itu tidak ada masalah sebab sudah diatur oleh Pemerintah kabupaten masing - masing.

"Yang terpenting seluruh jemaah calon haji Maluku sudah harus berada di embarkasi Makasar tanggal 24 dan 25 September karena sesuai jadwal jemaah asal Maluku berangkat menuju Tanah Suci pada tanggal 26 September 2013," ujarnya.

Pewarta: Shariva Alaidrus
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013