Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Nusron Wahid mengeklaim bahwa setengah juta atau 500.000 orang telah mendaftar untuk hadir pada kampanye akbar Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Gelora Bung Karno (GBK), Sabtu (10/2).

“Yang sudah daftar itu sudah lebih dari setengah juta orang. Tetapi namanya ini kegiatan untuk umum, kita tidak bisa menghalangi, kita tidak bisa mencegah orang-orang yang ingin datang,” kata Nusron Wahid saat konferensi pers di Media Center TKN Prabowo-Gibran, Jakarta, Kamis.

Nusron mengingatkan kepada masyarakat yang akan hadir untuk menjaga ketertiban dan mematuhi ketentuan kampanye dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

“Kami menyarankan kepada semua yang hadir kita tertib aturan, terutama undang-undang Pemilu supaya tidak membawa anak-anak. Sekali lagi untuk tidak membawa anak-anak karena ini adalah paket kegiatan kampanye bukan konser, bukan pesta biasa,” ucap Nusron.

Di sisi lain, mengingat kampanye akbar Prabowo-Gibran digelar pada hari yang sama dengan kampanye akbar pasangan calon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Nusron mengatakan telah mengantisipasi agar tidak terjadi kekacauan.

“Promotifnya dengan imbauan-imbauan untuk saling menghargai kepada teman-teman kalau manakala bersinggungan dan bertemu di tengah jalan terhadap pendukung yang lain,” kata Nusron.

Sementara dari segi preventif, kata Nusron, penyelenggaraan kampanye akbar antara Prabowo-Gibran dan Anies-Muhaimin dilaksanakan di lokasi dan rentang waktu berbeda.

“Sudah diputuskan oleh pihak keamanan, beda waktu, teman-teman pendukung 01 yang di JIS (Jakarta International Stadium) mengambil waktu pagi diperkirakan jam 12.00 selesai,” imbuh Nusron.

Lebih lanjut Nusron menjelaskan, kampanye akbar Prabowo-Gibran direncanakan berlangsung mulai pukul 14.00 WIB hingga 18.00 WIB. Namun begitu, pintu masuk sudah dibuka mulai pukul 12.30 WIB.

Nantinya, TKN Prabowo-Gibran juga mengakomodasi pedagang di sekitar GBK untuk berjualan di pusat makanan. Peserta kampanye bisa memanfaatkan fasilitas itu untuk makan secara gratis maupun berbayar.

Selain pusat makanan, sambung Nusron, disediakan juga micro-medical-clinic atau klinik medis mikro untuk mengantisipasi peserta kampanye yang jatuh sakit.

Kampanye akbar bertajuk Pesta Rakyat untuk Indonesia Maju itu nantinya juga akan dihadiri oleh sejumlah pesohor tanah air.

Tercatat, di antaranya Raffi Ahmad, Nagita Slavina, Kiki Saputri, Lesti Kejora, Rizky Billar, dan Rachel Vennya, Dewa 19 Feat Ello dan Ari Lasso, Andre Taulany, Atta Halilintar, dan Aurel Hermansyah.

KPU RI menetapkan tiga pasangan calon sebagai peserta Pemilu 2024, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dari nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dari nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Masa kampanye pun ditetapkan oleh KPU berlangsung pada 28 November 2023 sampai dengan 10 Februari 2024, diikuti masa tenang pada 11–13 Februari 2024. Pemungutan suara presiden-wakil presiden dan anggota legislatif berlangsung serentak di seluruh wilayah Indonesia pada 14 Februari 2024.
Baca juga: Prabowo: Saya ingin jadi presiden termasuk bagi yang tak memilih saya
Baca juga: Prabowo janji kelola kekayaan alam untuk rakyat jika terpilih presiden
Baca juga: Prabowo tutup aktivitas kampanye Pilpres di Surabaya

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024