Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan video beredar di TikTok yang diklaim sebagai hasil perolehan sementara pemungutan suara capres Pemilu 2024 di enam negara.

Keenam negara tersebut merupakan Malaysia, Korea Selatan, Jepang, Arab Saudi dan Taipei. Dalam perolehan suara tersebut, pasangan calon nomor urut dia Pabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul dibanding dua paslon lainnya.

Namun, benarkah video hasil perolehan suara sementara tersebut?

 

Unggahan disinformasi yang menarasikan hasil perolehan suara capres Pemilu 2024 telah keluar. Faktanya, penghitungan suara pemilu di luar negeri dilakukan pada 14 - 15 Februari 2024. (TikTok)
Penjelasan:

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asyari dalam keterangan resminya membantah sudah ada publikasi hasil perolehan suara Pemilu 2024 di luar negeri.

Ia mengatakan pemungutan suara di luar negeri memang dilakukan lebih awal (early voting) dibandingkan dalam negeri.

Namun, penghitungan suara pemilu di luar negeri dilakukan bersamaan dengan waktu penghitungan suara pemilu dalam negeri yakni pada 14 Februari-15 Februari 2024.

"Dengan demikian bila sudah ada publikasi hasil penghitungan suara LN (luar negeri) sebelum 14 Februari 2024, kami pastikan itu adalah tidak benar," kata Hasyim.

Dengan demikian video hasil perolehan suara sementara tersebut merupakan keliru.

Cek fakta: Hoaks! Prabowo-Gibran didiskualifikasi pada awal Februari

Cek fakta: Hoaks! Sidang DKPP putuskan Gibran tidak sah jadi cawapres pada akhir Januari

Baca juga: KPU tetapkan hari pemungutan suara di TPS luar negeri

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2024