Jakarta (ANTARA) - Calon Wakil Presiden RI Gibran Rakabuming Raka menerima lima poin aspirasi dari kalangan anak muda yang tergabung dalam aktivitas Cipayung Plus.

“Kelima poin yang saya terima ini merupakan keberlanjutan dan penyempurnaan narasi besar dari pasangan Prabowo-Gibran,” kata Gibran dalam keterangan yang diterima, Jumat.

Berikut isi lima poin aspirasi yang disampaikan para aktivis kepada Gibran.

Pertama, tetap berpegang teguh dan setia kepada Pancasila dan UUD 1945 dalam menjalankan amanat para pendiri bangsa.

Kedua, memperjuangkan agenda dan aspirasi mahasiswa serta gerakan mahasiswa Indonesia untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan Indonesia.

Ketiga, melanjutkan estafet kepemimpinan nasional untuk menjaga kesinambungan pembangunan nasional.

Keempat, menjaga persatuan dan kesatuan, keberagaman bangsa serta solidaritas sesama anak bangsa untuk membangun kemandirian dan kekuatan nasional dalam memenangkan persaingan global.

Kelima, melanjutkan perjuangan dalam membantu dan mencapai kemerdekaan bangsa Palestina yang telah dimulai sejak Presiden Soekarno hingga Presiden Joko Widodo, sebagai bentuk komitmen dalam mewujudkan perdamaian dunia.

Gibran pun mengapresiasi semangat para pemuda yang mau memberikan aspirasi dalam bentuk lima poin tersebut.

Dia mengaku pertemuannya dengan anak muda selalu menghasilkan gagasan dan sudut pandang baru dalam menjalankan pemerintahan.

Dia memastikan akan mengimplementasikan lima poin tersebut, terutama yang berkaitan dengan bidang penguatan perekonomian jika sudah terpilih nanti.

“Pembangunan yang tidak lagi Jawa sentris, masalah ekonomi kreatif, ekonomi digital, hilirisasi. Jadi nanti mohon doanya biar kami bisa melaksanakan mandat ini,” ujar Gibran.

Berdasarkan data KPU RI, daftar pemilih tetap (DPT) pada Pemilu 2024 sebanyak 204.807.222 pemilih.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, masa tenang pada tanggal 11—13 Februari, dan hari-H pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Walda Marison
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024