Jakarta (ANTARA) -
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Diah Pitaloka meminta Pemerintah Daerah (Pemda) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyiapkan mitigasi bencana saat hari pencoblosan pada Pemilu 2024.
 
Menurutnya Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan puncak musim hujan meningkat dari bulan Januari hingga  Maret. Sehingga ancaman bencana hidrometeorologi serta ancaman bencana lain berpotensi terjadi dan rentan terhadap fenomena alam.
 
"Kesiapsiagaan dalam menghadapi puncak musim hujan di akhir Januari hingga Maret mendatang sangat penting, terlebih kita akan melaksanakan pesta demokrasi, berbagai antisipasi perlu segera dilakukan," kata Diah dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Jumat.
 
Dia mengatakan Pemda dan BPBD perlu melakukan koordinasi dengan stakeholder terkait untuk melakukan berbagai upaya antisipasi yang diperkirakan terjadi khususnya saat pelaksanaan Pemilu yang akan selenggarakan pada 14 Februari 2024.
 
Dia berharap upaya antisipasi mencakup pemindahan tempat pemungutan suara dari wilayah rawan, distribusi logistik yang aman, serta penyediaan sarana prasarana yang mendukung suksesnya pelaksanaan Pemilu, bisa disiapkan.
 
"Langkah antisipasi ini diharapkan dapat meminimalkan potensi gangguan terhadap pelaksanaan Pemilu serta keselamatan masyarakat secara keseluruhan," katanya.
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.
 
Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.
 
KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.
Baca juga: Anggota DPR RI ajak masyarakat jaga keamanan pada perayaan Imlek
Baca juga: Komisi II DPR RI cek kesiapan pemilu 2024 di Karawang
Baca juga: DPR: Bansos dapat mengentaskan kemiskinan bila sesuai rencana

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024