Jakarta (ANTARA) - Gerakan Pemuda Persaudaraan Muslimin Indonesia (GP Parmusi) mengawali kepengurusan barunya dengan menggelar diskusi publik tentang peran pemuda Islam di Indonesia.   

Ketua Umum GP Parmusi Kifah Gibraltar Bey Fananie melalui keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat mengemukakan pihaknya akan melangsungkan acara Diskusi Publik dan Pelantikan Pengurus Besar GP Parmusi Masa Bakti 2024-2027 yang bertemakan "Peran Pemuda Islam dalam Mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045" pada Minggu (11/2) di Gedung Nusantara IV, Kompleks Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI. 

"Acara tersebut akan dihadiri oleh Ketua MPR RI, Bapak Dr H Bambang Soesatyo, untuk memberikan sosialisasi Empat Pilar dengan tema 'Peran Pemuda Islam dalam Implementasi Empat Pilar'," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Kifah mengemukakan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Ario Bimo Nandito Ariotedjo selaku pembicara kunci akan memberikan arahan dan visi pemerintah dalam mendukung perkembangan dan kontribusi pemuda menuju Indonesia Emas 2045.

Selain itu, acara juga akan dihadiri Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH M Anwar Iskandar yang membahas peran pemuda Islam dalam konteks pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Sedangkan Deputi I Bidang Pemberdayaan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI sekaligus Ketua MUI Bidang Fatwa Prof Dr HM Asrorun Niam Sholeh akan memberikan perspektif tentang bagaimana pemerintah mendukung pemberdayaan pemuda secara keseluruhan.

"Dengan menambahkan rangkaian acara diskusi publik dan menghadirkan speaker dari pemangku kebijakan di atas, GP Parmusi yakin bahwa acara ini akan menjadi forum yang bermanfaat dan menginspirasi bagi para pemuda Indonesia dalam mengemban peran sebagai pemimpin masa depan bangsa," tegasnya.

Kifah menyatakan optimistis acara ini juga akan menjadi momentum penting dalam memperkuat keterlibatan pemuda dalam proses pembangunan dan menjunjung tinggi nilai-nilai kebangsaan serta persatuan.

GP Parmusi dibentuk pada acara Jambore Nasional Dai Desa Madani Parmusi (DMP) 2023, yang diselenggarakan oleh Pengurus Pusat (PP) Parmusi di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) Cibodas, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, pada 25-30 September 2023 lalu.

GP Parmusi didirikan sebagai organisasi kepemudaan masyarakat yang menyelenggarakan dan melaksanakan kegiatannya berlandaskan akidah dan ukhuwah islamiah, serta berpedoman pada syariat Islam dan hukum yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Baca juga: Jokowi minta PP Parmusi ikut ciptakan situasi kondusif tahun politik

Baca juga: Parmusi: Ada kekuatan umat Islam dukung Ma'ruf Amin tetap jadi wapres

Baca juga: Parmusi desak PPP menggelar Muktamar luar biasa

Pewarta: Sean Muhamad
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024