Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur memberlakukan jam malam di desa-desa yang terdampak erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki untuk meningkatkan kewaspadaan warga jika terjadi erupsi susulan dengan intensitas tinggi.

Kepala Bagian Penanganan Kebencanaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Flores Timur Petrus Pedo Maran dihubungi dari Kupang, Jumat, mengatakan jam malam sejak Rabu (7/2) itu diberlakukan untuk meningkatkan kewaspadaan warga terkait dengan kerawanan bencana alam.

“Lagi pula sebagian pengungsi sudah diperbolehkan untuk kembali ke rumah masing-masing sehingga jam malam ini diberlakukan,” katanya.

Masyarakat yang sudah pulang dari pengungsian ke rumah masing-masing, kata dia, diberikan edukasi tentang situasi kedaruratan melalui jajaran pemerintah kecamatan.

Dia menyebut saat ini hanya warga dari satu desa di Kecamatan Ilebura, yakni Klatanlo, yang belum diizinkan pulang ke rumah masing-masing karena desa tersebut jaraknya dekat dengan gunung itu.

Baca juga: Gunung Semeru kembali erupsi dengan letusan setinggi 1 km

Namun, katanya, kegiatan belajar mengajar untuk anak sekolah tetap dilaksanakan dengan sementara waktu memanfaatkan gedung milik koperasi di desa itu.

“Jadi ada kantor koperasi kredit yang bisa dimanfaatkan ruangannya. Untuk sementara di situ dulu sehingga proses belajar mengajar bisa dilaksanakan bagi anak-anak di desa itu,” ujar dia.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Flores Timur mengizinkan sebagian pengungsi erupsi Gunung Lewotobi di Kecamatan Wulanggitang untuk pulang ke desa masing-masing, setelah keluar rekomendasi dari Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Lewotobi Laki-laki.

“Berdasarkan rekomendasi dari Ketua Pos Pengamatan Gunung Api Lewotobi Laki-laki Herman Josef para pengungsi yang sudah mengungsi sejak 1 Januari 2024 sudah bisa kembali ke desanya masing-masing,” kata Penjabat Bupati Flores Timur Doris Alexander Rihi .

Berdasarkan laporan, katanya, beberapa pengungsi berada di dua lokasi, seperti Desa Boru dan Desa Konga, sudah kembali ke rumah masing-masing setelah rekomendasi PPGA.

Selain itu, logistik dari BNPB untuk para pengungsi juga masih cukup sehingga para pengungsi tidak perlu khawatir untuk kebutuhan sehari-hari.

Baca juga: Sebagian pengungsi erupsi Lewotobi Laki-laki sudah diijinkan Pulang
Baca juga: Gunung Ibu meletus lontarkan abu vulkanik setinggi satu kilometer
Baca juga: BNPB bantu perbaikan sosial-ekonomi korban erupsi Gunung Lewotobi

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024