BNPB menyadari kondisi yang dialami warga dan membutuhkan bantuan
Jakarta (ANTARA) - Pimpinan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan siap memberikan bantuan untuk perbaikan sosial-ekonomi warga yang menjadi korban terdampak erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur.

“Jangan khawatir sebab selain rehabilitasi dan rekonstruksi rumah rusak, juga ada bantuan perbaikan sosial-ekonomi dari BNPB,” kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam siaran daring bertajuk disaster briefing yang dipantau di Jakarta, Senin.

Menurut Abdul, bantuan tersebut akan diberikan setelah status tanggap darurat Gunung Lewotobi Laki-laki dihentikan.

Adapun ketentuannya, warga yang lahan pertanian atau peternakan, atau yang lainnya rusak akibat material erupsi bisa mengajukan ke tim BNPB dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) provinsi setempat.

Dari situ, kemudian tim tersebut akan melakukan verifikasi apakah pengajuan tersebut benar dan realistis untuk mendapatkan bantuan.

Baca juga: BNPB masih melarang warga beraktivitas 5 Km dari Gunung Lewotobi
Baca juga: Gunung Lewotobi Laki-laki erupsi disertai luncuran awan panas


Dalam paparannya Abdul Muhari tidak menjelaskan detail terkait seperti apa bentuk bantuan yang akan diberikan kepada warga terdampak. Apakah berbentuk dana modal usaha atau bentuk penyediaan bibit.

“Prinsipnya Kepala BNPB menyadari kondisi yang dialami warga dan membutuhkan bantuan ,” ujarnya.

Data BNPB melaporkan sejak Gunung Lewotobi Laki-laki erupsi pertama pada 23 Januari 2024 setidaknya hingga Minggu (4/5) sudah ada sebanyak 5.547 orang warga tinggal di pengungsian. Adapun empat orang warga di antaranya dinyatakan meninggal dunia.

Tempat pengungsian tersebut tersebar di sebanyak 44 titik yang telah dilengkapi oleh BNPB dan BPBD setempat dengan peralatan medis, dapur umum, air bersih dan aman dari ancaman terkena material vulkanik gunung api setinggi 1.584 MDPL itu.

BNPB telah mengucurkan dana senilai Rp500 juta untuk memastikan kebutuhan dasar para pengungsi bisa terpenuhi dengan baik.

Baca juga: BNPB tambah dana Rp250 juta guna tangani dampak erupsi Gunung Lewotobi
Baca juga: BNPB beri 18 jenis bantuan bagi pengungsi erupsi Lewotobi Laki-laki
Baca juga: Flores Timur catat 4 warga meninggal dalam masa tanggap darurat erupsi


Pewarta: M. Riezko Bima Elko Prasetyo
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024