"Kami sudah menyurati Telkom terkait permohonan peningkatan dan pengawalan layanan telekomunikasi dan akses internet khususnya menghadapi pemilu di wilayah Kapuas Hulu,"
Kapuas Hulu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat menyurati pihak Telkom agar memaksimalkan pelayanan jaringan telekomunikasi khususnya internet menghadapi pemilihan umum (Pemilu) serentak 14 Februari 2024.

"Kami sudah menyurati Telkom terkait permohonan peningkatan dan pengawalan layanan telekomunikasi dan akses internet khususnya menghadapi pemilu di wilayah Kapuas Hulu," kata Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kapuas Hulu Hadi Pranata di Putussibau Kapuas Hulu, Jum'at.

Disampaikan Hadi, jaringan telekomunikasi maupun akses internet sudah menjadi kebutuhan masyarakat dalam mendapatkan akses informasi serta sudah menjadi tuntutan layanan publik baik di pemerintahan, swasta termasuk dalam penyelenggara pemilu.

Menurutnya, saat ini hampir semua lini menggunakan akses internet yang berbasis digital.

Oleh karena itu, diharapkan para penyediaan jasa layanan telekomunikasi akses internet atau provider dapat memaksimalkan pelayanan kepada pelanggan.

"Ini zamannya semua serba digital akses internet sudah menjadi kebutuhan, sehingga kami harapkan pihak Telkom memaksimalkan layanan jaringan telekomunikasi akses internet baik itu untuk Telkomsel maupun Indosat yang ada di wilayah Kapuas Hulu," kata Hadi.

Diketahui, surat Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kapuas Hulu tertanggal 29 Januari 2024, yang ditujukan kepada Pimpinan PT Telkom Indonesia, Tbk Witel Kalimantan Barat, Pimpinan PT Telkomsel, Tbk Witel Kalimantan Barat dan kepada Pimpinan PT Indosat, Tbk Witel Kalimantan Barat.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas Hulu Muhammad Yusuf berharap agar pihak penyediaan layanan telekomunikasi khusus akses internet turut serta mensukseskan pelaksanaan pemilu terutama pada hari pemungutan, perhitungan dan rekapitulasi hasil suara.

"Saat ini rata-rata menggunakan aplikasi yang membutuhkan akses internet, jadi kami sangat berharap layanan internet ditingkatkan minimal stabil," katanya.

Yusuf juga mengapresiasi Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kapuas Hulu yang telah menyurati pihak Telkom.

"Sinergisitas dan kerja sama serta dukungan semua pihak sangat kami harapkan untuk mensukseskan pelaksanaan pemilu, sebab itu merupakan tanggungjawab kita bersama," katanya.

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024