Jakarta (ANTARA) - Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Hamdan Hamedan menyebut calon presiden nomor urut 2 itu menaruh kepedulian terhadap dunia sepak bola Indonesia.

Hamdan bercerita bahwa Prabowo pernah berbincang dengan Ketua Umum PSSI 2019–2023 Mochamad Iriawan (Iwan Bule) saat bertandang ke Hambalang, Jawa Barat pada Juli 2022.

“‘Lalu bagaimana strategi agar timnas kita dapat menembus Piala Dunia?’ tanya Pak Prabowo kepada rombongan PSSI yang kala itu dipimpin oleh Pak Iwan Bule di Hambalang, Juli 2022," tulis Hamdan di akun Instagramnya @hamdan.hamedan, Kamis (8/2), sebagaimana siaran pers diterima di Jakarta, Jumat.

Ia kemudian menyebut Prabowo antusias mendengar jawaban Iwan Bule dan pelatih Timnas Indonesia kala itu, Indra Sjafri. Menurut Hamdan, Prabowo juga sempat mencatat sejumlah hal dan melontarkan optimismenya untuk mendorong Skuad Garuda ke kancah dunia.

"Pak Prabowo terlihat begitu antusias mendengar jawaban dari Pak Iwan Bule dan Coach Indra. Bahkan beliau mencatat beberapa hal ke dalam buku catatan beliau. ‘Kita ini bangsa yang besar, maka harus bisa tampil di ajang terbesar dunia (Piala Dunia). Kita harus upayakan ini semaksimal mungkin’," tutur Hamdan mengulang perkataan Prabowo.

Prabowo, kata Hamdan, saat itu mengekspresikan kepeduliannya terhadap sepak bola Indonesia dengan menawarkan bantuan bila PSSI membutuhkan tempat untuk berlatih.

“Jika PSSI butuh tempat latihan untuk timnas, fasilitas kami selalu terbuka untuk timnas kapan pun. Dan saya siap mendukung timnas untuk berlatih di akademi terbaik di mana pun di dunia,” kata Hamdan menirukan Prabowo.

Hamdan mengatakan janji tersebut tidak dilupakan Prabowo. Ia mengaku, saat membuka Nusantara Open di Bekasi pada Desember 2023, Prabowo kembali menggaungkan niat tersebut.

"Saking semangatnya dan begitu terkesan dengan para pesepakbola muda kita, Pak Prabowo pun naik ke podium lalu berkata, ‘Guna menghasilkan bibit-bibit terbaik dan saya terkesan melihat semangat kalian tadi, maka juara 1 hadiahnya tidak 100 juta, tapi kita tambahkan jadi 1 miliar dan berlatih di akademi terbaik di dunia’," ucap Hamdan.

Prabowo, lanjut Hamdan, juga berjanji akan menyekolahkan pemain-pemain dalam negeri ke akademi sepakbola terbaik di dunia pun ditepati. Hamdan mengaku informasi tersebut dia dapat dari CEO Akademi Sepakbola Garudayaksa milik Prabowo, Dusan Bogdanovic.

“Persib U-17 dan Timnas U-20 sudah dikirim berlatih di Aspire Academy di Qatar tahun 2023. Tahun ini, PSLS Lhokseumawe dan timnas U-20 juga akan dikirim ke Aspire Academy,” tulis Hamdan mengutip ucapan Dusan.

Atas dasar itu, Hamdan mengaku yakin Prabowo merupakan sosok yang selalu berkomitmen dengan ucapannya, termasuk soal kepedulian Ketua Umum Partai Gerindra itu terhadap dunia sepak bola tanah air.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, masa tenang pada tanggal 11—13 Februari, dan hari-H pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.
Baca juga: Hari ke-74 kampanye, Prabowo ke Sidoarjo dan Gibran ke Bandung 
Baca juga: Sorban NU dukung Prabowo-Gibran karena butuh makan minum susu gratis 
Baca juga: TKN pastikan Prabowo-Gibran akan berikan perlindungan untuk PMI

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024