Beograd (ANTARA News) - Kanada mengakhiri hari pertama semifinal Piala Davis mereka melawan Serbia dengan kedudukan imbang 1-1 ketika Janko Tipsarevic gagal menindaklanjuti kemenangan Novak Djokovic.

Pada pertandingan pertama, petenis peringkat pertama dunia Djokovic memerlukan waktu 100 menit bagi untuk menundukkan petenis peringkat 41 dunia Vasek Pospisil, guna memberi keunggulan bagi Serbia.

Djokovic, yang tiba di Beograd pada Rabu setelah kalah dari Rafael Nadal pada upaya ketiganya dari empat kemenangan berturut-turut untuk memenangi final AS Terbuka, hanya membiarkan Pospisil memenangi enam game, di mana ia sendiri membukukan kemenangan pada 13 game secara berturut-turut dan menang mudah 6-2, 6-0, 6-4.

"Bermain untuk negara saya memberi inspirasi tambahan dan kekuatan ekstra pada saya. Saya bermain sangat bagus dan saya sangat gembira dapat memberi keunggulan pada Serbia," kata Djokovic kepada para pewarta setelah pertandingan.

Pospisil mengakui dirinya tidak memiliki peluang saat menghadapi Djokovic "yang memainkan cara bermain dia."

"Saya tidak akan memberikan alasan apapun. Ia adalah nomor satu di dunia untuk satu alasan, dan saya pikir ia bermain menakjubkan," kata Pospisil.

Namun pada pertandingan berikutnya, petenis Kanada kelahiran Montenegro Milos Raonic, peringkat 11 dunia, menaklukkan petenis peringkat 23 dunia Janko Tipsarevic melalui pertandingan lima set yang dramatis 5-7, 6-3, 3-6, 6-3, 10-8.

Ini merupakan pertandingan lima set kesembilan di kategori tunggal yang dimainkan Tipsarevic saat ia bermain untuk Serbia di Piala Davis.

Tipsarevic dua kali memimpin pada pertandingan yang berlangsung selama empat jam itu, namun Raonic mampu menyamakan kedudukan dan tampil dramatis di set kelima saat keduanya imbang 4-4.

Setelah memenangi game kelimanya, Tipsarevic berupaya mendapatkan match point dari serve Raonic, namun ia gagal memaksimalkannya dan justru harus menelan kekalahan pada pertandingan di mana secara total Raonic melepaskan 35 ace, 11 di antaranya terjadi pada set kelima.

"Rasanya hebat untuk bangkit dari tertinggal 1-2. Saya melepaskan serve dengan benar-benar baik dan itulah yang menjaga peluang saya," kata Raonic.

Bagaimanapun, pelatih Serbia Bogdan Obradovic berkata, "Tidak ada yang perlu disesali Tipsarevic."

Pada kategori ganda yang dimainkan Sabtu, Nenad Zimonjic dan Ilija Bozoljac akan menghadapi Pospisil dan rekan setimnya Daniel Nestor.

Ziminjic dan Nestor merupakan mantan pasangan ganda, yang dua kali memenangi Wimbledon (2008 dan 2009) serta Prancis Terbuka 2010.

Pertandingan ini dimainkan di lapangan tanah liat dalam ruangan di depan 15.000 penonton di Belgrade Arena. Tim pemenang akan melaju ke final melawan Argentina atau Republik Ceko yang dimainkan pada November.

Serbia, yang mengincar kesuksesan di Piala Davis setelah memenanginya pada 2010 dengan mengalahkan Prancis, tidak diperkuat Viktor Troicki, yang mendapat skorsing 18 bulan dari Federasi Tenis Internasional akibat masalah doping, demikian AFP.

(H-RF/a016)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013