Jambi (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi telah melakukan pemetaan persiapan distribusi logistik untuk Pemilu 2024, ada sebanyak tujuh TPS diantaranya di Desa Air Liki Kabupaten Merangin menjadi lokasi terjauh.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi Iron Sahroni di Jambi, Jumat mengatakan ketujuh TPS itu termasuk Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan kategori terdepan, terluar, tertinggal, terlama dan tersulit.

Sebanyak tujuh TPS tersebar di beberapa titik di kabupaten dalam Provinsi Jambi masuk dalam kategori tersebut, dan menjadi prioritas distribusi logistik yang akan segera dilakukan oleh penyelenggara. Salah satu TPS yang masuk dalam kategori tersebut adalah di Desa Air Liki Kabupaten Merangin.

“Untuk menuju ke Desa Air Liki Kabupaten Merangin dipetempuh dalam 16 jam perjalanan dengan mode transportasi mobil double gardan atau perahu motor," katanya.

Kemudian selanjutnya, TPS 01 di Dusun Manggis, Desa Napal Melintang, Kecamatan Limun, Kabupaten Sarolangun. Lokasi TPS ini memiliki akses berjalan kaki sepanjang 18 kilometer dengan waktu tempuh 8 jam perjalanan.

"Alternatifnya, dapat menggunakan transportasi air melalui Kecamatan Cermin Nan Gadang (CNG), meskipun dengan jarak tempuh lebih jauh, yaitu 50 kilometer," ujarnya.

Untuk TPS Paud Rawa Indah, RT 2 Desa Sungai Benuh, Kecamatan Sadu, Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim). Lokasi ini diakses menggunakan speedboat dengan jarak tempuh 73 kilometer atau 3 jam 10 menit perjalanan.

"Selain itu ada Sungai Kuning, Kecamatan Siulak Mukai, Kabupaten Kerinci. Untuk menuju kesana menempuh 4 jam perjalanan dengan menggunakan mobil double garda. Kondisi jalan tidak dan pegunungan," kata Iron.

Selanjutnya Kampung Talaga Gunung, TPS 1, Batu Kerbau, Kecamatan Pelepat, Kabupaten Bungo. Untuk menuju ke lokasi juga harus menggunakan kendaraan duouble garda dengan jarak tempuh 75,0 kilometer atau 1 jam 51 menit perjalanan dengan kondisi jalannya rusak, tanah tidak stabil, berbukit dan terjal.

Berikutnya adalah pada TPS 1 Jalan Ismail Marzuki, RT 06 Dusun Teladan, Desa Sungai Dualap, Kecamatan Kuala Batara, Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) dimana untuk menuju lokasi menggunakan jalur sungai dengan mode transportasi speedboat waktu tempuh 45 menit.

Kemudian di Desa Rantau Panjang, Kecamatan Kumpeh Kabupaten Muaro Jambi dimana untuk menuju lokasi menggunakan mode transportasi truck, sepeda motor dan kelotok, waktu tempuh 6 jam perjalanan dengan kondisi jalan rusak.

Untuk melakukan pendistribusian, pihaknya telah menggelar rapat dengan stakeholder pada Rakor persiapan pendistribusian logistik dan persiapan pemungutan suara Pemilu 2024.

“Tujuannya agar proses pendistribusian logistik bisa terlaksana tepat waktu dan tepat jumlah dan intinya pihak terkait siap memberikan dukungan penuh kepada kita agar proses demokrasi ini berjalan lancar dan sukses," kata Iron Sahroni.

Baca juga: Batanghari siagakan alat berat perlancar distribusi logistik Pemilu
 



 

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024