Tangerang (ANTARA) - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Tangerang menggelar gebyar pelayanan Keluarga Berencana (KB) secara gratis di fasilitas kesehatan pemerintah maupun swasta.

Kepala DP3AP2KB Kota Tangerang Jatmiko di Tangerang, Jumat, mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan mulai tanggal 16-23 Februari 2024 dengan sasaran calon akseptor KB atau pasangan usia subur di setiap wilayah

"Kami mengajak seluruh masyarakat, jangan lewatkan kesempatan ini dengan mengunjungi puskesmas atau klinik KB dan praktik mandiri bidan terdekat dan dapatkan pelayanan KB secara gratis,” kata Jatmiko dalam keterangannya.

Untuk mencapai target, pihaknya melakukan penyuluhan ke wilayah untuk meningkatkan cakupan pelayanan KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) bagi pasangan usia subur.

Baca juga: BKKBN-Apindo kolaborasi sediakan layanan KB gratis di perusahaan 

Kegiatan penyuluhan juga dikemas dalam program gebyar pelayanan KB secara gratis di fasilitas kesehatan pemerintah maupun swasta.

"Kami juga mengadakan konseling secara berkelompok menghadirkan bidan sebagai narasumber," katanya.

Pada kegiatan yang sudah dilakukan di empat kelurahan seperti Keroncong, Gebang Raya, Jurumudi Baru, dan Neglasari, antusias masyarakat sangat tinggi.

"Kegiatan tersebut dihadiri sebanyak 50 orang yang merupakan calon akseptor KB/pasangan dan memahami program yang kami sampaikan," ujar Jatmiko.

Baca juga: Hari Kontrasepsi Sedunia, BKKBN gelar KB gratis di desa terpencil

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024