Penyelesaian Proyek Strategis Nasional di awal Tahun 2024 merupakan sebuah keberhasilan dan menjadi pengalaman yang baik dalam penyelesaian proyek
Jakarta (ANTARA) - PT PP (Persero) Tbk, BUMN konstruksi dan investasi, memastikan pembangunan proyek Tol Indrapura-Kisaran, Sumatera Utara, sesuai dengan standard kualitas  (mutu), target dan tetap memperhatikan keselamatan dalam pengerjaan.

"Penyelesaian Proyek Strategis Nasional di awal Tahun 2024 merupakan sebuah keberhasilan dan menjadi pengalaman yang baik dalam penyelesaian proyek serupa ke depannya," kata Direktur Utama PT PP Novel Arsyad dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Proyek jalan Tol Indrapura – Kisaran yang merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) memiliki total nilai kontrak sebesar Rp4,3 triliun dan memiliki panjang ruas 47,75 kilometer.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo pada Rabu (7/2) meresmikan Jalan Tol Indrapura – Kisaran, Seksi Indrapura – Lima Puluh, yang berlokasi di Gerbang Tol Lima Puluh Kabupaten Batubara, Sumatera Utara.

Presiden RI Joko Widodo mengatakan manfaat dari jalan tol yang telah diresmikan yaitu meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas dari dan menuju kawasan Danau Toba, mempersingkat jalur logistik dari dan ke Pelabuhan Kuala Tanjung, Meningkatkan mobilitas dari Tebing Tinggi menuju Kisaran, Pematang Siantar hingga Parapat, dan meningkatkan konektivitas Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei.

Baca juga: PT PP raih kontrak senilai Rp3,5 triliun di awal 2024

Baca juga: PT PP hentikan sementara pekerjaan pembangunan Menara BSI


“Keberadaan ruas jalan tol tersebut mempercepat waktu tempuh dari Medan dan sekitarnya menuju Kisaran dan Provinsi Riau, sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi di kawasan dan sekitarnya, peningkatan daya saing daerah, dan menciptakan lapangan kerja baru,” tutur Presiden RI.

Jalan Tol Indrapura – Kisaran merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera dan merupakan salah satu PSN yang dikerjakan oleh perseroan dengan masa pelaksanaan dari bulan Desember 2018 hingga Januari 2024.

Novel mengatakan saat ini perseroan juga membangun proyek Jalan Tol Bayung - Lencir Tempino Seksi 2, proyek Jalan Tol Probolinggo - Banyuwangi Paket 3, dan Jalan Tol Semarang - Demak Seksi 1B yang juga merupakan PSN.

"Dengan pengalaman dan kompetensi dari pengerjaan proyek jalan tol sebelumnya, Perseroan optimistis dapat terus meningkatkan mutu, kualitas pengerjaan proyek, dan sesuai dengan target yang telah diberikan," kata Novel.

Baca juga: PT PP raih kontrak Rp31,67 triliun hingga akhir 2023

Baca juga: PP Properti serah terima unit Tower 1 Louvin Apartment  

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024