Rata-rata penumpang kapal per trip sebanyak 275 orang.
Banda Aceh (ANTARA) - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menambah frekuensi penyeberangan Banda Aceh - Sabang dan sebaliknya hingga lima trip untuk melayani peningkatan penumpang yang berwisata ke Sabang selama libur panjang Isra Mikraj dan Tahun Baru Imlek 2024.

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Banda Aceh Rudy B Hanafiah, Jumat, mengatakan peningkatan penumpang ke Pulau Weh Sabang mulai terjadi sejak Kamis (8/2) , dan diprediksikan bertahan hingga Minggu (10/2).

“Rata-rata penumpang kapal per trip sebanyak 275 orang ,” kata Rudy di Banda Aceh.

Baca juga: ASDP imbau penumpang beli tiket H-1 saat libur Isra Mi'raj dan Imlek

ASDP Cabang Banda Aceh menyiapkan dua armada kapal untuk melayani wisatawan saat libur panjang tersebut, dengan rute penyeberangan Pelabuhan Ulee Lheu Banda Aceh - Pelabuhan Balohan Sabang dan sebaliknya.

Dua kapal tersebut yakni KMP Aceh Hebat 2 dengan kapasitas penumpang 340 orang dan KMP BRR dengan kapasitas 250 orang.

Rudy menjelaskan penambahan trip penyeberangan dimulai pada Kamis (8/2) kemarin, dari tiga trip secara normal bertambah dua trip sehingga total menjadi lima trip dari masing-masing kapal.

"Untuk hari Jumat sampai dengan Minggu (9-11 Februari) direncanakan penambahan satu trip, dari normal tiga trip per hari menjadi empat trip dari setiap kapal," katanya.

Baca juga: ASDP Kupang tambah rute penyeberangan ke Pulau Adonara di Flores Timur

Sejauh ini, lanjut Rudy, arus penyeberangan ke Sabang berjalan lancar. Kondisi cuaca masih relatif aman untuk pelayaran. Kendati demikian, pihaknya terus berkoordinasi dengan BMKG untuk mendapatkan perkembangan terbaru terkait cuaca.

"Sampai saat ini untuk angkutan kendaraan masih lancar. Namun ada beberapa kendaraan yang memilih menginap di Banda Aceh daripada menyeberang ke Sabang pada malam hari karena belum mendapatkan kepastian untuk hotel (di Sabang, red)," ujarnya.

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024