Saya besok akan berusaha untuk bisa bermain baik saja, dan yang penting tidak mau kalah
Jakarta (ANTARA) - Tunggal putri Putri Kusuma Wardani mengatakan dirinya fokus untuk menjaga semangat dan kekuatan mentalnya karena turun sebagai tunggal putri pertama skuad Indonesia di Kejuaraan Beregu Asia (Badminton Asia Team Championship/BATC) 2024, yang akan bergulir di Malaysia pada 13-20 Februari.

“Persiapan sejauh ini sama seperti pertandingan biasanya. Hanya saja, karena ini beregu, jadi saya lebih ke menjaga mental dan (rasa) tidak mau kalah juga,” kata Putri saat dijumpai di Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta Timur, Jumat.

Putri tak menampik bahwa ada perasaan tegang karena kali ini ia dipercaya sebagai tunggal putri yang membuka jalan skuad Indonesia untuk merebut poin pertama di BATC, karena pada edisi sebelumnya, posisi itu diemban oleh Gregoria Mariska Tunjung.

Baca juga: Skuad Indonesia siap bersaing di Badminton Asia Team Championship 2024

Adapun pada edisi tahun ini, Gregoria difokuskan untuk menjalani persiapan serta mengikuti enam turnamen penting yang masuk dalam penghitungan poin kualifikasi Olimpiade 2024 Paris.

“Pasti ada sedikit perasaan tegang, tapi karena saya sudah pernah merasakannya, sebagai pembuka juga susah-susah gampang. Saya besok akan berusaha untuk bisa bermain baik saja, dan yang penting tidak mau kalah, karena dari situ pasti ada kemungkinan menang juga,” kata Putri.

“Ya pasti (merasa kehilangan sosok senior), karena Kak Gregoria pengalamannya juga lebih banyak daripada aku. Tapi aku harus bisa gantiin Kak Gregoria dan harus menunjukkannya,” ujarnya menambahkan.

Lebih lanjut, Putri menilai ia kini sudah mulai menemukan rasa percaya dirinya lagi setelah sempat merasa terpuruk beberapa waktu lalu.

Baca juga: Putri KW petik pelajaran dari pengalaman di Indonesia Masters 2024

“Menurut aku, dari awal tahun kemarin sampai sekarang, aku ada progres, dari cara bermain, cara berpikir, pelan-pelan sudah mulai bangkit lagi,” ungkap tunggal putri peringkat 33 dunia tersebut.

Proses kebangkitannya itu pun tak lepas dari pelatih, keluarga, dan teman-teman dekat Putri yang terus memberikan dukungan untuknya.

“Lebih kayak harus lebih PD (percaya diri) lagi. Kalau misal kalah tidak usah peduli orang-orang mau ngomong apa, yang penting latihannya semangat dan percaya diri,” ujar dia.

Selain Putri, skuad putri Indonesia di BATC 2024 juga diperkuat oleh Ester Nurumi Tri Wardoyo, Komang Ayu Cahya Dewi dan Stephanie Widjaja di sektor tunggal. Lalu ada pula Febriana Dwipuji Kusuma/Amallia Cahaya Pratiwi, Ribka Sugiarto/Lanny Tria Mayasari dan Rachel Allessya Rose/Meilysa Trias Puspitasari di sektor ganda.

Baca juga: Ester nantikan pertandingan beregu perdananya di BATC 2024
Baca juga: Bagas/Fikri siap tampil maksimal di Kejuaraan Asia Beregu 2024


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024