Jakarta (ANTARA) - Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka semakin optimistis untuk menang satu putaran melihat hasil survei terbaru LSI Denny JA yang menyebut elektabilitas pasangan calon nomor urut 2 itu mencapai 53,5 persen.

"Bahkan LSI (Denny JA) 'kan 53,5 persen ya, artinya, bahkan margin of error itu 2,5 (2,9, red) persen itu, alhamdulillah kita sudah bisa meraih sekali putaran,” kata Komandan TKN Fanta Prabowo-Gibran, Muhammad Arief Rosyid Hasan, ditemui di Fanta HQ, Jakarta, Jumat.

Arief mengatakan elektabilitas Prabowo-Gibran yang menembus angka 50 persen tidak hanya dipotret oleh LSI Denny JA. Survei itu menunjukkan angka yang membahagiakan dan memuaskan.

"Dengan itu semua, apa yang sudah dibicarakan di debat, sudah disampaikan dalam dokumen visi misi program cepat Pak Prabowo-Gibran itu insyaallah, 14 Februari nanti ketika kita terpilih, kemudian pelantikan Oktober sampai lima tahun yang akan datang sudah bisa terealisasi," ujar Arief.

Baca juga: TKN optimistis Prabowo-Gibran menang Pilpres satu putaran

Dia menegaskan bahwa Prabowo-Gibran merupakan pasangan calon yang akan melanjutkan sekaligus menyempurnakan kepemimpinan Presiden ke-7 RI Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Apa yang akan dilakukan Pak Prabowo dan Mas Gibran ini untuk melanjutkan, menyempurnakan, mengakselerasi semua yang sudah dibangun oleh Pak Jokowi dan Pak SBY sebelumnya," imbuhnya.

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA di Jakarta, Jumat, merilis hasil survei yang dilakukan pada tanggal 26 Januari–6 Februari 2024, yang menyebut elektabilitas Prabowo-Gibran menduduki posisi puncak dengan angka mencapai 53,5 persen.

Posisi kedua ditempati oleh pasangan calon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan elektabilitas 21,7 persen. Menyusul di posisi ketiga pasangan calon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md dengan 19,2 persen.

Baca juga: Survei Indikator: Prabowo-Gibran berpotensi menang satu putaran

Survei simulasi kertas suara itu memotret masih ada 5,5 persen responden yang menyatakan belum memutuskan/rahasia/tidak tahu/tidak jawab. Adapun suara tidak sah sebesar 0,1 persen.

LSI Denny JA memprediksi peluang Prabowo-Gibran menang satu putaran semakin terbuka. Hal itu dilihat dari tren yang menunjukkan elektabilitas Prabowo-Gibran cenderung meningkat.

Pada survei awal Januari 2024, LSI Denny JA mencatat elektabilitas Prabowo-Gibran sebesar 46,6 persen. Lalu, survei akhir Januari 2024 terjadi kenaikan menjadi 50,7 persen, hingga pada awal Februari 2024 tembus 53,5 persen.

Baca juga: Mahfud yakini hasil survei terkini akan meleset

LSI Denny JA melakukan survei tatap muka (face-to-face interview) dengan menggunakan kuesioner kepada 1.200 responden di seluruh Indonesia. Margin of error survei ini sebesar 2,9 persen.

Selain survei dengan metode kuantitatif, LSI Denny JA juga memperkaya informasi dan analisa dengan metode kualitatif, seperti analisis media, in-depth interview, expert judgement, dan focus group discussion.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, masa tenang pada tanggal 11—13 Februari, dan hari-H pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Ganjar hormati survei Poltracking sebut Prabowo unggul di Jatim
Baca juga: Survei Polstat hasilkan Prabowo unggul sepekan jelang pencoblosan

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024