“Kegiatan pendukung Hajatan Rakyat Akbar ini diselenggarakan di 14 titik di berbagai penjuru Kota Solo, mengusung tema 'Pundak Harapan Rakyat, Hajatan Rakyat'. Hajatan Rakyat dimulai pada Sabtu pagi,”
Jakarta (ANTARA) - Pasangan Calon Presiden (capres) dan Calon Wakil Presiden (cawapres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md akan berkampanye di Solo dan Semarang di Jawa Tengah, Sabtu, pada hari ke-75 kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Berdasarkan informasi dari Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang diterima di Jakarta, Sabtu, capres dan cawapres tersebut dijadwalkan mengunjungi Hajatan Rakyat di Benteng Vastenburg Solo yang dimulai sejak 07.00 WIB hingga diperkirakan berakhir sekitar pukul 10.00 WIB.

Setelah itu, Ganjar-Mahfud MD bakal menghadiri Hajatan Rakyat di Simpang Lima Kota Semarang pada pukul 14.00 WIB yang diperkirakan selesai sekitar pukul 18.00 WIB.

Deputi Kanal Media TPN Ganjar-Mahfud, Karaniya Dharmasaputra, menyampaikan bahwa kedua pasangan itu akan menyapa masyarakat sekaligus menyampaikan orasi politik.

Selain itu, kampanye di Solo juga akan menghadirkan kegiatan senam zumba, atraksi parade reog, barongsai, liong, lembu suro, ruwatan, hingga pagelaran wayang orang yang sarat budaya Jawa. Kirab juga menjadi bagian penting dalam acara tersebut dengan menggelar berbagai pertunjukan, dimulai dari Jalan Ngarsopuro menuju Benteng Vastenburg.

“Kegiatan pendukung Hajatan Rakyat Akbar ini diselenggarakan di 14 titik di berbagai penjuru Kota Solo, mengusung tema 'Pundak Harapan Rakyat, Hajatan Rakyat'. Hajatan Rakyat dimulai pada Sabtu pagi,” kata Karaniya.

Hajatan Rakyat Solo dan Hajatan Rakyat Semarang disebut menampilkan deretan seniman, di antaranya Butet Kartaredjasa, NDX AKA, Rara Lida, Lala Widhy, Mala Agatha, Vega, Grup Band Slank, Nassar, Nella Kharisma, Woro Widowati, Danang, Cak Lontong, Oppie Andaresta, Duet Spesial Alam Ganjar dan NDX AKA, Yenny Wahid, dan Once Mekel.

“Hajatan Rakyat Semarang menjadi hajatan pamungkas. Mas Ganjar dan Prof Mahfud akan berbaur bersama masyarakat untuk menyuarakan tekad bulat untuk terus menjaga dan mengawal Indonesia sebagai sebuah Republik yang demokratis,” ucap dia.

Seperti diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan kampanye Pilpres 2024 dimulai pada 28 November 2023 dan berakhir pada 10 Februari 2024. Pasangan nomor urut 03 tersebut mengawali kampanye di Sabang (Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam) dan Merauke (Provinsi Papua Selatan), lalu berakhir dalam acara Hajatan Rakyat di Kota Solo dan Kota Semarang di Provinsi Jawa Tengah.

Setelah mengakhiri kampanye di dua kota, Ganjar-Mahfud turut akan menghadiri "Deklarasi Kemerdekaan Pers" pada pukul 19.00 WIB yang dilakukan bersama Dewan Pers dan masyarakat pers di Hall Dewan Pers, Kebon Sirih, Jakarta. Deklarasi Kemerdekaan Pers ini yang dihadiri tiga pasangan capres/cawapres merupakan bentuk komitmen untuk tetap mendukung kemerdekaan pers sejak reformasi 1998 bergulir.

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024