Beijing (ANTARA) - Sebuah teleskop spektroskopi besar, yang dirancang untuk mendeteksi eksoplanet, dijadwalkan rampung dan mulai beroperasi di China barat laut pada 2026, demikian menurut pihak pengembangnya, Universitas Jiao Tong Shanghai.

Teleskop yang diberi nama Teleskop Spektroskopi Universitas Jiaotong (Jiaotong University Spectroscopic Telescope/JUST) itu akan dibangun di Gunung Saishiteng di dekat Lenghu, tempat Provinsi Qinghai mendirikan sebuah lokasi pengamatan astronomi.

Dengan apertur 4,4 meter, teleskop ini dapat memfasilitasi peralihan cepat di antara sumber-sumber target, sehingga memungkinkan pengamatan spektral secara tepat waktu. Menurut para ilmuwan, teleskop ini diharapkan dapat mencapai serangkaian terobosan hasil penelitian di beberapa bidang, termasuk astronomi domain waktu dan eksplorasi eksoplanet.

"Teleskop ini akan tetap menjadi teleskop spektral yang paling dominan di China untuk waktu yang lama," kata pihak universitas dalam sebuah pernyataan.

Spektrometer berpresisi tinggi yang dimiliki teleskop ini akan memungkinkan pengamatan spektral multitarget dan berpresisi tinggi secara simultan, menjadikannya yang pertama di jenisnya di dunia. Menurut pihak pengembangnya, teleskop ini diharapkan dapat meningkatkan secara signifikan efisiensi deteksi eksoplanet.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2024