Jakarta (ANTARA) - Wakil Sekretaris Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud Sumantri Suwarno mengatakan kampanye terakhir pasangan capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md di Solo dan Semarang memiliki pesan simbolik untuk mengenang perjalanan demokrasi Joko Widodo (Jokowi).

"Solo merupakan titik tolak keberangkatan Jokowi yang pertama kali masuk politik praktis setelah dicalonkan menjadi walikota oleh PDI Perjuangan pada tahun 2005," kata Sumantri dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Sabtu.

Sumantri mengatakan, pada 2005 masyarakat Indonesia, bahkan Solo belum banyak mengenal kiprah Jokowi, namun militansi kader partai dan dukungan rakyat mengantarkan Jokowi menduduki jabatan publik pertamanya.

"Jika tidak ada cerita PDI Perjuangan di Solo dan basis suara besar di Jawa Tengah, maka tidak akan ada cerita seorang Jokowi menjadi Presiden Indonesia," ujarnya.

Menurutnya, dukungan rakyat yang kuat melalui proses demokrasi yang sehat adalah salah satu kunci di balik kemunculan Jokowi dari seorang warga negara biasa menjadi presiden, dan merupakan pencapaian hebat partisipasi publik dalam politik.

Oleh karena. Itu untuk mengingat kembali pentingnya jalan demokrasi bagi bangsa Indonesia dan terutama bagi kader partai pendukung, maka Solo dan Semarang menjadi pilihan lokasi kampanye terakhir.

Dia pun mengajak masyarakat Solo dan Jawa Tengah serta seluruh rakyat Indonesia untuk tetap setia di jalan demokrasi, agar terus dapat melahirkan pimpinan terbaik bangsa secara bermartabat.

KPU RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, masa tenang pada tanggal 11-13 Februari, dan hari-H pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: AS Hikam sebut Solo Raya alihkan dukungan ke Ganjar

Baca juga: Ratusan ribu pendukung Ganjar-Mahfud sambut meriah di Solo

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024