semoga 2024 semakin baik buat kita, bangsa dan negara
Makassar (ANTARA) - Perayaan tahun baru Imlek pada sejumlah klenteng di Makassar, Sulawesi Selatan, berlangsung kondusif meskipun aktifitas keramaian Imlek kali ini sedikit lebih sepi dari tahun lalu karena bertepatan tahun politik Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Hari ini kita masuk tahun baru, kalau kalender Imlek (penanggalan China 2575) tahun 2024. Umat pada datang untuk berdoa semoga 2024 semakin baik buat kita, bangsa dan negara kita lebih maju, lebih baik" ujar Pengurus Klenteng Xiang Ma Robyanto di Jalan Sulawesi, Makassar, Sabtu.

Menurutnya, sesuai penanggalan kalender China tahun baru Imlek 2575 adalah Shio Naga Kayu jatuh pada 10 Februari 2024 diyakini sebagai tahun yang bermakna tahun membawa peluang baik dan kemajuan.

Baca juga: Barongsai dan pohon angpao di Stasiun Pasar Senen meriahkan Imlek 2024
Baca juga: Presiden Jokowi ajak rayakan keberagaman budaya di Tahun Naga Kayu


Selain itu, untuk menghargai tahun politik yang sedang berlangsung, pihaknya juga membatasi aktifitas kegiatan di klenteng hanya sampai pukul 17.00 Wita termasuk kegiatan perayaan lainnya pada malam perayaan Imlek tidak dilaksanakan seperti pada malam Imlek tahun sebelumnya.

"Dari pihak klenteng kita harus menghargai minggu tenang apalagi keramaian berlebihan, dan setelah Imlek semua lancar. Saya dengar nanti ada perayaan Cap Go Meh, itu bagus semacam pesta rakyat (setelah Pemilu), kita semua berkumpul tidak ada perbedaan,"tutur Roby.


 

Sejumlah umat melintas di depan pamplet imbauan pembatasan aktifitas saat perayaan tahun baru Imlek 2575 tahun 2024 di Klenteng Xiang Ma, Jalan Sulawesi, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (10/2/2024). ANTARA/Darwin Fatir

Sementara itu Feny salah seorang umat seusai melaksanakan sembahyang di klenteng setempat mengatakan, biasanya pada perayaan Imlek keluarganya beribadah di klenteng terlebih dahulu, selanjutnya berkumpul bersama keluarga besarnya di rumah guna mempererat silaturahmi.

"Kami mulai dengan sembahyang, sesuatu yang baik. Saya sebelum ke sini, sama mama papa di rumah, melakukan tradisi dan memberikan ampao (amplop) ke orang tua, dan nanti kami sebagai orang tua, kasih ampao ke anak-anak," katanya.

Baca juga: Rayakan Imlek, London Eye bermandikan cahaya merah dan emas
Baca juga: Wapres: Jadikan Imlek momen perbaikan diri dan peningkatan integritas


Feny berharap tahun baru Imlek kali ini, Indonesia dalam kondisi aman karena bertepatan dengan momen Pemilu, selain itu beberapa hari ke depan akan dilaksanakan pemungutan suara pada Rabu, 14 Februari 2024.

Sebelumnya, untuk memberikan rasa aman dan kenyamanan bagi warga keturunan Tionghoa yang merayakan Imlek personil Satuan Korps Brimob Polda Sulawesi Selatan telah diturunkan untuk mensterilisasi sejumlah klenteng di Makassar demi mencegah terjadinya gangguan keamanan.

Kapolres Pelabuhan AKBP Yudi Frianto menyatakan pengamanan untuk wilayah hukum Polres Pelabuhan Makassar telah diturunkan sebanyak 300 personil serta terus berkoordinasi dengan pengurus klenteng guna mengamankan lima klenteng di wilayah kerjanya agar perayaan Imlek berjalan aman dan kondusif.

"Kita siapkan sekitar 100 personil untuk giat khususnya yang di Kelenteng. Tapi untuk giat di sekitaran wilayah, kita siapkan 200 personil sehingga sekitar 300 orang personil dikerahkan untuk kegiatan ibadah di klenteng-klenteng ini," katanya.

Baca juga: Rekomendasi wisata di kawasan Glodok untuk isi libur Imlek
Baca juga: Shio ayam akan lebih popular di Tahun Naga Kayu 2024


 

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024