Jakarta (ANTARA) - Komandan Tim Komunikasi Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran Budisatrio Djiwandono mengatakan massa yang menghadiri kampanye akbar “Pesta Rakyat: Untuk Indonesia Maju” di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, diperkirakan melampaui kuota yang sebanyak 500 ribu orang.

“Sesuai judul acaranya, acara pesta rakyat ini terbuka untuk umum. Kemarin kami memang sudah membagikan dan sudah mengidentifikasi lebih dari 500 ribu orang yang akan hadir, tapi kok rasa-rasanya akan melebihi dari 500 ribu yang tadinya kami antisipasi,” kata Budisatrio dalam konferensi pers acara “Pesta Rakyat: Untuk Indonesia Maju” di Jakarta, Sabtu.

Ia mengatakan, antusiasme para pendukung yang hadir sejak pagi di luar ekspektasi mereka.

“Ini di luar ekspektasi Tim Kampanye Nasional. Pintu seharusnya dibuka pukul 12.30 WIB, tetapi mulai pukul 7-8 pagi tadi para hadirin, para tamu undangan, rakyat yang ingin ikut dalam pesta ini sudah mulai berdatangan,” ujarnya.

Hingga pukul 10.30 WIB, kata dia, massa sudah memenuhi hampir 70 persen dari kapasitas di dalam tribun maupun festival. Jumlah tersebut belum termasuk pendukung yang masih akan berdatangan.

Beberapa tokoh, mulai tokoh nasional, tokoh keagamaan, hingga selebritas, lanjut dia, diharapkan akan hadir dalam pesta rakyat tersebut, di antaranya Susilo Bambang Yudhoyono, Habib Luthfi Bin Yahya, dan Raffi Ahmad.

Atas antusiasme masyarakat yang luar biasa tersebut, Budisatrio mewakili TKN Prabowo-Gibran menyampaikan ucapan terima kasih dan juga permintaan maaf apabila acara menimbulkan ketidaknyamanan bagi masyarakat di sekitar GBK.

Ia mengatakan acara pesta rakyat ini merupakan puncak dari harapan rakyat Indonesia yang menginginkan keberlanjutan dan penyempurnaan yang akan dibawa Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

“Untuk itu, kami mohon doa restu dari bapak ibu sekalian, seluruh rakyat, saudara sebangsa tanah air, semoga pesta rakyat ini akan berjalan baik, lancar, meriah, dan semua yang hadir benar-benar bisa merasakan getaran semangat dari harapan rakyat Indonesia, yaitu Bapak Prabowo dan Mas Gibran,” ujarnya.

Acara “Pesta Rakyat: Untuk Indonesia Maju” dijadwalkan dimulai pada pukul 12.30 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Capres Prabowo Subianto telah hadir di GBK pada pukul 12.00 WIB.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, masa tenang pada tanggal 11—13 Februari, dan hari-H pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Prabowo hadiri kampanye akbar di Gelora Bung Karno

Baca juga: Massa pendukung Prabowo-Gibran padati GBK

Pewarta: Nadia Putri Rahmani
Editor: Sigit Pinardi
Copyright © ANTARA 2024