Jakarta (ANTARA) - Pasangan capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md menyempatkan waktu sejenak untuk ngopi bareng bersama istri sebelum mengikuti kampanye pamungkas yang dimeriahkan dengan kirab budaya yang dipusatkan di Benteng Vastenburg di Solo, Jawa Tengah, Sabtu.

Pasangan calon Ganjar-Mahfud mengakhiri kampanye Pilpres 2024 dengan menggelar Hajatan Rakyat Solo, Grebeg, Ruwatan hingga Kirab Warisan Budaya di Benteng Vastenburg di Solo.

Mahfud bersama istri, Zaizatun Nihayati tiba di lokasi lebih dulu sekitar pukul 07.00 WIB. Mantan Menko Polhukam itu tampak mengenakan setelan baju adat warna emas dengan ikat kepala. Tak lama berselang datang Ketua DPP Puan Maharani. Ganjar dan istri datang belakangan.

Hadir di lokasi jajaran TPN Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid, Andika Perkasa, dan Yenny Wahid. Hadir juga perwakilan partai pendukung Ganjar Mahfud seperti Waketum Perindo TGB Zainul Majdi, politisi PDIP Ario Bimo dan FX Hadi Rudyatmo, dan Romy Romahurmuziy.

Sementara di depan rumah makan Ono Solo, yaitu jalan Ngarsopuro sudah berkumpul barisan kirab budaya. Pasukan kirab terdiri dari 21 pedati sapi, dan para pelaku kesenian dan budaya seperti Reog Ponorogo, Wayang Orang, dan Barongsai.

Rencananya, Ganjar dan Mahfud akan menuju Benteng Vastenburg dengan diantar gerobak sapi. Setelah itu, keduanya akan diantar ke menggunakan Mobil Jeep dari Benteng Vastenburg menuju Pintu Tol Klodran, Kabupaten Karanganyar, menuju Semarang.

Sebagai informasi, Hajatan Rakyat Solo, Grebeg, Ruwatan dimulai senam Zumba, diiringi lagu Sat Set Tas Tes, pada pukul 06.30 WIB, dilanjutkan atraksi Parade Reog, Barongsai, Liong, Lembu Suro hingga Pagelaran Wayang Orang yang sarat budaya Jawa.

Kegiatan pendukung Hajatan Rakyat Akbar ini diselenggarakan di 14 titik di berbagai penjuru Kota Solo, mengusung tema Pundak Harapan Rakyat, Hajatan Rakyat.

Diketahui, duet Ganjar-Mahfud mengakhiri masa kampanye Pilpres 2024 dengan menggelar Hajatan Rakyat di Kota Solo dan Kota Semarang, Jawa Tengah.

Salah satu rangkaian kegiatan Hajatan Rakyat yang menarik adalah meruwat Balai Kota Surakarta sebagai simbol kekuasaan saat ini. Acara ruwatan ini dimaksudkan sebagai simbol cinta rakyat Solo Raya kepada pemimpinnya, revolusi cinta dilakukan agar segala keburukan, serta gangguan di pusat kekuasaan kembali mendapatkan keselamatan, kewarasan, dan ketenteraman.

Kirab juga menjadi bagian penting dalam acara ini, dengan menggelar berbagai pertunjukan yang meriah, dimulai dari Jalan Ngarsopuro menuju Benteng Vastenburg. Kegiatan Hajatan Rakyat, Bukan Pesta Konglomerat akan dimeriahkan sejumlah seniman, musisi, penyanyi, dan selebritas lokal dan nasional, di antaranya Butet Kartaredjasa, NDX AKA, Rara Lida, Lala Widhy, Mala Agatha, Vega, dan masih banyak lagi lainnya.

KPU RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, masa tenang pada tanggal 11-13 Februari, dan hari-H pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024