Jakarta (ANTARA) - Kapten Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies-Muhaimin (AMIN), Muhammad Syaugi, menyebut kampanye akbar terakhir di Jakarta International Stadium (JIS) menjadi motivasi untuk memenangi Pilpres 2024.

Syaugi menjelaskan, dengan kehadiran pendukung yang memadati lapangan JIS, tribun penonton dengan kapasitas lebih dari 82 ribu orang, serta di bagian luar stadion, dirinya optimistis fakta itu menjadi representasi untuk mampu merebut kemenangan dalam pilpres.

"Dengan begitu banyak manusia yang berkumpul dan datang ke JIS, walaupun ada yang tidak masuk dan di luar banyak yang berkumpul, itu menunjukkan animo masyarakat yang begitu tinggi untuk perubahan," kata Syaugi kepada ANTARA usai mendampingi pasangan AMIN berkampanye di JIS, Jakarta, Sabtu.

Menurut dia, keyakinan itu bertambah karena semua pendukung yang datang tidak ada yang dibayar, mereka sangat mandiri untuk bersukacita menghadiri kegiatan kampanye tersebut.

Syaugi menambahkan, para pendukung datang karena menginginkan perubahan, yaitu terkait keadilan yang merata bagi seluruh rakyat Indonesia.

Oleh karena itu, lanjut dia, Capres Anies selalu mengimbau kepada timnas pemenangan agar mengawal ketat suara AMIN di setiap tempat pemungutan suara (TPS), karena hal itu merupakan amanah dari rakyat.

"Makanya Pak Anies selalu mengatakan kawal suara di TPS, karena ini bukan tentang suara AMIN, tetapi suara rakyat, makanya harus benar-benar dikawal agar mewujudkan pemilu yang jujur dan adil," katanya.

Mantan Kabasarnas itu menyampaikan, kekuatan utama dari pilpres adalah mengawal simpul-simpul utama dan 820 ribu lebih TPS dari tindakan curang oknum yang tidak bertanggung jawab, sehingga tidak boleh disepelekan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Syaugi: Pemilu jurdil lebih penting dibanding narasi jumlah putaran

Baca juga: Tangis haru Muhaimin disambut pelukan Anies saat tutup kampanye di JIS

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Sigit Pinardi
Copyright © ANTARA 2024