Manokwari (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Papua Barat mulai menggeser 1.054 personel bawah kendali operasi pengamanan Pemilu 2024 ke 13 kabupaten/kota di Papua Barat maupun Papua Barat Daya.

"Hari ini (Sabtu) ada 177 dari 222 personel yang digeser ke wilayah Sorong (Papua Barat Daya)," kata Kepala Polda Papua Barat, Inspektur Jenderal Polisi Johnny Eddizon Isir, di Manokwari, Papua Barat, Sabtu.

Ia menjelaskan pergeseran ribuan personel Polda Papua Barat termasuk Satuan Brimob ke kabupaten/kota dilakukan secara berjenjang, dan akan menambah kekuatan pengamanan terhadap penyelenggaraan pemilu yang dikerahkan oleh masing-masing Polres jajaran.

Sasaran pengamanan meliputi 1.923 tempat pemungutan suara pada tujuh kabupaten se-Papua Barat, kemudian 2.156 TPS yang tersebar di enam kabupaten/kota se-Papua Barat Daya, kantor KPU, kantor Bawaslu, serta rumah dinas kepala daerah.

"Menyusul nanti personel yang digeser ke Manokwari dan lainnya disesuaikan dengan jadwal," ucap dia.

Ia mengingatkan seluruh personel yang terlibat dalam operasi pengamanan pemilu untuk menjaga integritas dan bertindak secara profesional sesuai ketentuan standar prosedur operasi.

Polri telah berkomitmen menjamin stabilitas keamanan wilayah yang tetap kondusif demi menunjang penyelenggaraan pemilu terutama saat pemungutan dan penghitungan suara pada 14 Februari 2024. "Laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab. Jaga sikap, tindakan dan kesehatan masing-masing," ucap dia.
 
Personel Satuan Brimob Polda Papua Barat mengikuti apel pergeseran pasukan pengamanan Pemilu 2024 di Manokwari, Sabtu. ANTARA/Fransiskus S Weking


Ia memastikan bahwa situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) aman terkendali yang tercermin dari kelancaran aktivitas masyarakat dan kegiatan pemerintahan di Papua Barat maupun Papua Barat Daya.

Kepolisian juga telah menggerakkan seluruh personel Bhayangkara Pembina Kamtibmas guna meningkatkan komunikasi sosial dengan komponen masyarakat hingga lapisan bawah.

"Situasi kamtibmas sampai saat ini masih tetap aman dan terkendali," jelas dia.

Perlu diketahui, tujuh kabupaten di Papua Barat yaitu Kabupaten Manokwari, Kabupaten Manokwari Selatan, Kabupaten Pegunungan Arfak, Kabupaten Teluk Bintuni, Kabupaten Teluk Wondama, Kabupaten Kaimana, dan Kabupaten Fakfak.

Kemudian enam kabupaten/kota di wilayah Papua Barat Daya meliputi Sorong, Kabupaten Sorong, Kabupaten Sorong Selatan, Kabupaten Maybrat, Kabupaten Tambrauw, dan Kabupaten Raja Ampat.

Pewarta: Fransiskus Salu Weking
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2024