Tadi malam saya sudah latihan pidato 5 jam, tetapi saya mengerti, saudara sudah setuju?
Jakarta (ANTARA) - Calon Presiden RI Prabowo Subianto mengajak pendukungnya untuk berjoget gemoy dalam acara kampanye akbar Pesta Rakyat: Untuk Indonesia Maju di Jakarta, Sabtu.
 
"Saudara-saudara, saya mengerti. Saya tahu, kalian ke sini semua mau lihat saya joget. Benar tidak? Kalian mau melihat Pak Prabowo joget gemoy. Benar?" tanya Prabowo kepada pendukungnya.
 
Di tengah pidato, dia menanyakan kembali kepada pendukungnya apakah ingin mendengarkan pidatonya atau berjoget.
 
"Bagaimana? Cukup? Pidato saya masih ada 5 halaman. Mau dengar pidato atau joget? Tadi malam saya sudah latihan pidato 5 jam, tetapi saya mengerti, saudara sudah setuju? Sudah sehati dengan kami. Benar?" tanya Prabowo.
 
Pada akhir pidato, lagu berjudul Oke Gas Prabowo Gibran Paling Pas yang menjadi lagu resmi kampanye Prabowo-Gibran pun diputar. Penyanyi asli lagu tersebut, Richard Jersey, membawakan secara langsung di panggung.
 
Sambil mengitari panggung untuk bersalaman dengan para pendukungnya, Prabowo berjoget dengan gaya khasnya yang menggerakkan tubuhnya ke kanan dan ke kiri sambil mengangkat tangannya.
 
Bahkan, beberapa pendukung yang berada di sekitar panggung mencoba naik ke panggung untuk bersalaman dan menari bersama Prabowo.
 
Jogetan tersebut turut mengundang sorakan dari pendukungnya yang ikut menari dari bagian festival dan tribun. Mereka berdiri di bangku dan ikut berjoget sambil menunjukkan jari angka dua.

Baca juga: Prabowo: Jangan mau diadu domba oleh bangsa asing
Baca juga: Prabowo bertekad menjaga kekayaan Indonesia untuk rakyat
 
Kampanye akbar Pesta Rakyat: Untuk Indonesia Maju dihadiri oleh sejumlah tokoh politik, di antaranya presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), serta Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep.
 
Hadir pula tokoh-tokoh keagamaan, di antaranya Habib Luthfi bin Yahya dan Gus Miftah serta beberapa artis dan pemengaruh seperti Raffi Ahmad, Andre Taulany, dan Desta.
 
Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Rosan Perkasa Roeslani, memperkirakan jumlah pendukung yang hadir sebanyak 600.000 orang. Jumlah tersebut melebihi kuota yang diantisipasi sejak awal, yaitu sebanyak 500.000 orang.

Berdasarkan data KPU RI, daftar pemilih tetap (DPT) pada Pemilu 2024 sebanyak 204.807.222 pemilih.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, masa tenang pada tanggal 11—13 Februari, dan hari-H pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Nadia Putri Rahmani
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024