Jadi, Distrik Akat dan Distrik Jetsy ini dikirimkan dengan satu kapal yang jalur sungai sama sehingga kami gabungkan.
Asmat (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Asmat, Papua Selatan, menyalurkan kembali logistik untuk tujuh distrik/kecamatan di daerah tersebut.

"Logistik tersebut dikirimkan ke lima distrik di Daerah Pemilihan (Dapil) 2 dan dua distrik ke Dapil 1," kata Ketua KPU Kabupaten Asmat Aloysia Hahare di Distrik Agats, Kabupaten Asmat, Sabtu.

Aloysia menyebutkan kelima distrik di Dapil 2, yakni Distrik Sawa Erma, Distrik Joerat, Unir Sirau, Distrik Pulau Tiga, dan Distrik Suru-Suru.

Dari kelima distrik tersebut, KPU setempat mengirimkan sekitar 16.000 surat suara. Sisanya dua distrik di Dapil 1 (Distrik Akat dan Distrik Jetsy).

Pada awalnya KPU hanya merencanakan pengiriman logistik untuk Dapil 2 dan Dapil 4. Namun, setelah mempertimbangkan efisiensi waktu, KPU memutuskan logistik Distrik Akat dan Distrik Jetsy dikirimkan bersamaan dengan Dapil 2 dan 4.

"Jadi, Distrik Akat dan Distrik Jetsy ini dikirimkan dengan satu kapal yang jalur sungai sama sehingga kami gabungkan. Apalagi, daerahnya berdekatan," ujar dia.

Untuk mengirimkan logistik ke tujuh distrik tersebut, KPU mengerahkan tujuh kapal.

Distrik lainnya yang belum menerima logistik pemilu, KPU merencanakan pendistribusian pada hari Minggu (11/2).

Logistik yang disalurkan tersebut berupa surat suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden RI, Pemilu Anggota DPR RI, Pemilu Anggota DPD RI, Pemilu Anggota DPR Papua, dan Pemilu Anggota DPRD Kabupaten Asmat. Selain itu, juga tinta serta beberapa formulir dan lainnya. Ia menyebutkan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Kabupaten Asmat sebanyak 80.122 orang dengan 352 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 224 kampung.

KPU Provinsi Papua Selatan menetapkan DPT tingkat provinsi untuk Pemilu 2024 sebanyak 367.269 pemilih dengan 1.770 TPS yang terdiri atas empat kabupaten.

Adapun perinciannya, Kabupaten Merauke memiliki 162.942 DPT, 774 TPS yang tersebar di 22 distrik, Kabupaten Boven Digoel memiliki DPT 43.765 jiwa, 285 TPS di 20 distrik. Berikutnya Kabupaten Mappi 80.440 pemilih dengan jumlah TPS 359 yang tersebar di 15 distrik, serta Kabupaten Asmat 80.122 pemilih dan 352 TPS.

Baca juga: KPU Asmat antisipasi distrik tanpa listrik lewat generator
Baca juga: Polisi kirim ratusan personel kawal distribusi logistik di Asmat


Berdasarkan data KPU RI, daftar pemilih tetap (DPT) tingkat nasional pada Pemilu 2024 sebanyak 204.807.222 pemilih.

Sebelumnya, KPU RI mengumumkan peserta Pemilu 2024 sebanyak 18 partai politik nasional, yakni (sesuai dengan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Berikutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Selain itu, pemilu anggota legislatif (pileg) juga diikuti enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

KPU RI juga telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

Setelah masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, masa tenang pada tanggal 11—13 Februari. Selang sehari, 14 Februari 2024, pemungutan suara pileg, termasuk Pemilu Anggota DPD RI, bersamaan dengan Pilpres 2024.

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024