Jakarta (ANTARA) - Peringkat satu dunia sekaligus juara bertahan dua kali Iga Swiatek bersama dengan peringkat tiga dunia dan juara US Open Coco Gauff memimpin undian WTA 1000 pertama musim ini Qatar Open, yang dimulai Minggu.

Mantan petenis nomor satu Naomi Osaka juga kembali ke Doha untuk pertama kalinya sejak 2018. Dia akan menghadapi petenis Prancis Caroline Garcia untuk kedua kalinya musim ini.

Pertemuan babak pertama bagi keduanya merupakan pertandingan ulang dari pertarungan mereka di Australian Open di mana Garcia menang 6-4, 7-6(2).

Dikutip dari laman resmi WTA, Minggu, Swiatek kembali ke Doha untuk menjadi petenis pertama yang memenangi turnamen WTA dalam tiga tahun berturut-turut setelah Serena Williams memenangi Miami dari 2013 hingga 2015.

Baca juga: Swiatek bangkit untuk capai babak ketiga Australian Open

Doha akan menjadi turnamen pertama Swiatek sejak kekalahannya dari Linda Noskova pada babak ketiga Australian Open.

Setelah mendapat bye pada babak pertama, Swiatek akan menghadapi Sorana Cirstea atau Sloane Stephens.

Bersama Swiatek, Ostapenko menempati posisi kuarter teratas undian. Petenis asal Latvia itu datang ke Doha sebagai salah satu petenis yang patut diwaspadai dalam tur setelah meraih gelar keduanya musim ini di Linz.

Dia telah mencapai final di tunggal atau ganda di keempat turnamen yang dia mainkan tahun ini. Dia akan menghadapi petenis wild card asal Inggris Emma Raducanu atau Anhelina Kalinina.

Unggulan kesepuluh Beatriz Haddad Maia dan Victoria Azarenka juga bermain di sisi undian yang sama dengan Ostapenko, berpotensi bertemu di babak 16 besar.

Azarenka adalah satu-satunya petenis yang mengalahkan Ostapenko tahun ini.

Baca juga: Gauff lakukan pendekatan yang lebih menyenangkan saat jalani turnamen

Unggulan keempat Ons Jabeur dan unggulan ketujuh Maria Sakkari berada di kuarter kedua. Jabeur akan menghadapi Lesia Tsurenko atau petenis wild card asal Turki Zeynep Sonmez di babak kedua. Pemenang antara Garcia-Osaka menunggu di babak 16 besar.

Sakkari akan menghadapi Noskova atau petenis kualifikasi di pertandingan pembukanya. Barbora Krejcikova, yang dua kali berturut-turut lolos ke perempatfinal di Melbourne dan Abu Dhabi, juga berada di undian yang sama dengan Sakkari. Perjuangan petenis Ceko itu akan dimulai dengan melawan Anastasia Potapova.

Unggulan No.2 Gauff, No.3 Elena Rybakina, No.5 Zheng Qinwen dan No.6 Marketa Vondrousova adalah unggulan teratas di kuarter bawah undian.

Gauff memasuki Doha dengan berhasil menembus setidaknya semifinal dalam enam turnamen terakhirnya, termasuk yang terbaru di Australian Open. Petenis Amerika berusia 19 tahun itu akan menghadapi Katerina Siniakova atau Donna Vekic di babak kedua.

Rybakina, yang saat ini berada di final di Abu Dhabi, akan menghadapi Varvara Gracheva atau Zhu Lin.

Zheng bermain di turnamen pertamanya sejak mencapai final Australian Open dan melakukan debutnya di Top 10. Dia akan melawan Magda Linette dari Polandia atau petenis kualifikasi di babak kedua.

Baca juga: Gauff kalahkan Kostyuk untuk melaju ke semifinal Australian Open

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024