Serang (ANTARA) -
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan cuaca di wilayah Banten berpotensi hujan dengan intensitas ringan dan sedang dengan suhu udara 33 derajat Celcius pada Minggu.

Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Kelas I Serang Tatang Rusmana, di Serang, Minggu, mengatakan cuaca di wilayah Banten berpotensi hujan dengan intensitas ringan dan sedang pada siang hari dengan suhu udara rata-rata 23-33 derajat Celsius dan tingkat kelembapan 60-95 persen.

Baca juga: BMKG: Sebagian besar wilayah RI kembali berpotensi hujan lebat

Selain itu, kata dia, angin bergerak dari arah barat daya hingga barat dengan kecepatan 5-30 kilometer per jam.

Ia mengatakan wilayah Banten yang berpotensi hujan dengan intensitas ringan dan sedang pada siang hari terjadi di tujuh daerah yakni Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, Kota Serang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan.
 
Sedangkan pada pagi hari seluruh wilayah Banten berpotensi cerah hingga berawan.

Baca juga: BMKG tetapkan 15 daerah berstatus waspada dampak hujan di Indonesia
 
BMKG mengeluarkan peringatan dini waspada hujan lebat disertai angin kencang dan petir yang terjadi wilayah Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, Kabupaten Tangerang, dan Kota Serang.
 
Tatang mengatakan potensi cuaca buruk tersebut pada sore hari dan bisa menimbulkan bencana hidrometeorologi, seperti banjir, longsor, angin kencang, dan gelombang tinggi.
 
Selain itu, BMKG juga mengeluarkan peringatan dini kepada pelaku pelayaran, khususnya nelayan, dan kapal tongkang yang melintasi perairan selatan Banten, Samudera Hindia selatan Banten, dan Selat Sunda bagian selatan dengan tinggi gelombang 2,50 meter (sedang).

Baca juga: BMKG sebut perubahan cuaca di Bengkulu karena faktor hujan orografi
 
Sementara itu, penyeberangan Merak (Banten) dan Bakauheni (Lampung) relatif aman dan normal dengan tinggi gelombang di perairan Selat Sunda bagian utara 1,25 meter (rendah).

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024