Manokwari (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua Barat sudah mendistribusikan logistik Pemilu 2024 ke delapan distrik meliputi Distrik Testega, Distrik Didohu, Distrik Membey, Distrik Anggi, Distrik Anggi Gida, Distrik Sururey, Distrik Taige, dan Distrik Catubouw.

"Tersisa logistik untuk dua distrik lagi yang akan digeser Senin besok (12/2) yaitu Distrik Hink dan Minyambouw," kata Ketua KPU Pegunungan Arfak Yosak Saroi saat dihubungi dari Manokwari, Minggu malam.

Ia menjelaskan bahwa pendistribusian logistik hari pertama dilakukan pada Sabtu (10/2) dengan tujuan empat distrik terdekat yaitu Distrik Anggi, Distrik Anggi Gida, Distrik Sururey, dan Distrik Taige.

Kemudian pendistribusian logistik pemilu dilanjutkan pada Minggu (11/2) yang menyasar empat distrik lainnya yakni Distrik Testega, Distrik Didohu, Distrik Membey, dan Distrik Catubouw.

"Distribusi logistik ke tingkat distrik menggunakan kendaraan Toyota Hilux semua," jelas Yosak Saroi.

Sesuai rencana awal, kata dia, KPU mendahulukan pergeseran logistik pemilu ke lima distrik terjauh yang meliputi Distrik Testega, Didohu, Catubouw, Hink, dan Minyambou.

Perubahan rencana tersebut dipengaruhi curah hujan dengan intensitas tinggi yang mengakibatkan kondisi jalan sulit dilalui oleh kendaraan pengangkut logistik pemilu.

"Kendalanya cuma hujan saja, tidak ada kendala lainnya. Kalau hujan lebat, jalanan lumpur dan susah dilalui," ucap Yosak.

Dia menerangkan logistik pemilu yang digeser ke tingkat panitia pemilihan distrik berupa kotak suara berisi lima jenis surat suara, bilik suara, salinan daftar pemilih tetap, dan perlengkapan lainnya.

Pergeseran semua jenis logistik dari gudang KPU kabupaten ke sepuluh distrik di Pegunungan Arfak akan dikawal ketat oleh anggota Bawaslu, kepolisian dan personel TNI setempat.

"KPU mengapresiasi bantuan pengamanan dari TNI-Polri dan rekan-rekan dari Bawaslu Pegunungan Arfak," ujar dia.

Ia menambahkan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Kabupaten Pegunungan Arfak sebanyak 182 TPS yang tersebar di 166 kampung pada sepuluh distrik.

Meliputi, Distrik Anggi 14 TPS, Anggi Gida sembilan TPS, Catubouw 21 TPS, Didohu 15 TPS, Hink 32 TPS, Membey delapan TPS, Minyambouw 40 TPS, Sururey 13 TPS, Taige 14 TPS, dan Testega ada 16 TPS.

"TPS paling banyak ada di Distrik Hink dan Minyambouw," tutur Yosak.

KPU Pegunungan Arfak mencatat daftar pemilih tetap di daerah itu mencapai 33.919 pemilih yang terdiri dari 17.310 pemilih laki-laki dan 16.609 pemilih perempuan.

Kebutuhan lima jenis surat suara untuk pemilihan calon presiden-wakil presiden, calon DPD RI, DPR RI, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten di Pegunungan Arfak 34.690 lembar termasuk dua persen surat suara cadangan.

Baca juga: KPU Pegaf prioritaskan distribusi logistik pemilu ke distrik terjauh
Baca juga: KPU Pegunungan Arfak sebut sortir dan lipat surat suara sudah rampung
Baca juga: Diskominfo gunakan VSAT percepat perekaman KTP-el di Pegunungan Arfak

Pewarta: Fransiskus Salu Weking
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024