Biak (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Biak Numfor, Papua, menyiapkan 352 anggota Polri untuk mengawal distribusi logistik Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Pengawalan distribusi logistik pemilu ini bersamaan dengan pergeseran pasukan pengamanan Pemilu 2024," ujar Kepala Bagian Operasi Polres Biak AKP Mikha Rumbrapuk di Biak, Minggu.

Untuk distribusi logistik pemilu di wilayah ini, kata dia, sesuai dengan jadwal pada H-2.

Khusus pengiriman logistik ke Kepulauan Numfor, Padaido, dan Aimando, dengan angkutan kapal laut, sedangkan daerah daratan Kabupaten Biak Numfor menggunakan kendaraan mobil.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Biak Numfor Matheus G. Ronsumbre mengatakan bahwa anggota Polres Biak mengawal pengiriman logistik pemilu ke 19 panitia pemilihan distrik (PPD).

Matheus berharap pengiriman semua logistik ke Daerah Pemilihan (Dapil) 3 Biak Numfor (Distrik Yendidori, Biak Barat, Swandiwe) dan lima distrik Kepulauan Numfor dapat berlangsung lancar sampai tempat tujuan.

"Dengan demikian, logistik pemilu dapat digunakan pada hari-H pemungutan suara, 14 Februari 2024," katanya.

Baca juga: KPU Pacitan pilih distribusikan logistik pemilu siang hari
Baca juga: KPU Pegunungan Arfak distribuskan logistik pemilu di delapan distrik


Hingga Minggu pukul 18.30 WIT, lanjut dia, semua alat peraga kampanye (APK) parpol dan peserta pilpres sudah diturunkan oleh parpol dan caleg bersangkutan.

Sementara itu, sejumlah anggota KPPS Biak sedang menyiapkan pembuatan lokasi tempat pemungutan suara pada hari Rabu (14/2).

Berdasarkan data KPU, jumlah pemilih tetap untuk Pemilu 2024 di Kabupaten Biak Numfor sebanyak 101.536 pemilih.

Adapun perincian pemilih tetap terdiri atas 51.313 perempuan dan 50.223 laki-laki.

Pada Pemilu 14 Februari disiapkan 484 tempat pemungutan suara (TPS) tersebar di 19 panitia pemilihan distrik, 257 PPS kampung/desa, dan 14 PPS kelurahan.

Pewarta: Muhsidin
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024