Istanbul (ANTARA) - Jumlah makanan bagi sebagian besar warga Palestina di Jalur Gaza di tengah serangan membabi buta pasukan Israel di wilayah kantong tersebut sangat sedikit, ungkap Program Pangan Dunia (WFP) pada Ahad (11/2).

“Mayoritas warga Gaza, tidak ada rumah, tidak ada meja dan makanan terlalu sedikit,” kata Direktur WFP untuk Palestina, Matthew Hollingworth lewat sebuah pernyataan.

“Harapan kami dapat membantu lebih banyak toko roti, khususnya di wilayah utara, di mana warga sangat membutuhkan, namun kami memerlukan akses dan keamanan," katanya.

Israel menggempur Jalur Gaza sejak serangan lintas batas yang dilancarkan Hamas pada 7 Oktober yang telah menewaskan sedikitnya 28.176 orang dan melukai 67.784 orang lainnya.

Sementara itu, hampir 1.200 orang Israel diyakini tewas akibat serangan Hamas.

Serangan intensif Israel menyebabkan 85 persen penduduk Gaza mengungsi di tengah krisis makanan, air bersih dan obat-obatan, dengan 60 persen infrastruktur di sana rusak atau hancur, menurut PBB.

Pada akhir 2023 Afrika Selatan melayangkan gugatan ke Mahkamah Internasional (ICJ), menuduh Israel gagal menjunjung komitmennya berdasarkan Konvensi Genosida 1948.

Melalui putusan sementara pada Januari, Pengadilan PBB itu memutuskan bahwa klaim Afrika Selatan masuk akal.

ICJ lantas memerintahkan Pemerintah Israel untuk mengambil langkah sementara guna menghentikan aksi genosida sekaligus menjamin bahwa bantuan kemanusiaan diberikan kepada warga sipil di Gaza.


Sumber: Anadolu
Baca juga: Gencatan senjata sementara, warga Gaza dapat makanan dan bahan bakar
Baca juga: PBB: Krisis bahan bakar ancam bantuan pangan ke Gaza
Baca juga: Anak-anak di Gaza kesulitan dapat makanan dan air bersih

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2024