Jumlah penumpang yang diberangkatkan tersebut meningkat 47 persen dari periode yang sama pada pekan sebelumnya, Kamis (31/1) hingga Minggu (4/2), yang tercatat sebanyak 33.000 orang.
Purwokerto (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 5 Purwokerto memberangkatkan 48.632 penumpang selama libur panjang akhir pekan dalam rangka peringatan Isra Mikraj, cuti bersama, dan Tahun Baru Imlek, 8-11 Februari 2024.

"Jumlah penumpang yang diberangkatkan tersebut meningkat 47 persen dari periode yang sama pada pekan sebelumnya, Kamis (31/1) hingga Minggu (4/2), yang tercatat sebanyak 33.000 orang," kata Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Feni Novida Saragih di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Senin.

Dia mengatakan lonjakan keberangkatan penumpang selama libur panjang akhir pekan itu terlihat di hampir seluruh stasiun yang melayani keberangkatan dan kedatangan penumpang di wilayah KAI Purwokerto.

Baca juga: Daop Surabaya catat 95.522 orang gunakan kereta api saat libur panjang

Menurut dia, puncak keberangkatan penumpang dari wilayah KAI Purwokerto terjadi pada hari Kamis (8/2) yang tercatat mencapai 13.646 orang.

"Kami kembali mengimbau masyarakat untuk merencanakan perjalanan jauh-jauh hari termasuk dalam melakukan pemesanan tiket kereta api," katanya.

Dalam hal ini, kata dia, pemesanan tiket kereta api sudah dapat dilakukan mulai H-45 Keberangkatan, baik melalui aplikasi Access by KAI, laman kai.id, maupun kanal lainnya yang bekerja sama dengan KAI.

Baca juga: KAI Cirebon siapkan 14.210 tiket selama libur panjang Februari 2024

Dia mengatakan jika tiket yang diinginkan sudah habis, calon penumpang kereta api dapat memilih tanggal dan rute alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi Access by KAI.

"Fitir Connecting Train akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan," kata Feni.

 

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024