Padang (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat, menyalurkan uang tali asih periode Januari-Februari 2024 sebesar Rp156 juta kepada pekerja sosial masyarakat (PSM) di daerah itu.

"PSM telah mengambil peran penting dalam membantu Pemerintah Kota Padang dalam menurunkan angka kemiskinan. Oleh karena itu, kami berupaya untuk membantu agar PSM di Padang bisa mendapatkan uang tali asih atau uang operasional," kata Wali Kota Padang Hendri Septa di Padang, Senin.

Ia menyampaikan hal itu saat menutup Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi PSM se-Kota Padang, di Gedung Bagindo Aziz Chan Youth Center, Senin.

Baca juga: Padang salurkan 1.405 paket sembako kepada tenaga honorer kebersihan

Menurut dia, bantuan uang tali asih atau uang operasional itu mulai diberikan Pemkot Padang bagi PSM sejak 2023. Saat itu masing-masing PSM mendapatkan bantuan Rp200 ribu per bulan.

Pada 2024, Pemkot Padang melalui Dinas Sosial berupaya meningkatkan uang operasional tersebut menjadi Rp250 ribu per bulan.

"Meskipun tidak besar, kami berharap uang operasional ini bisa sedikit membantu PSM dalam menjalankan tugasnya sebagai relawan di tengah masyarakat," katanya.

Ia mengatakan peningkatan besaran uang tali asih itu sekaligus sebagai bentuk apresiasi Pemkot Padang karena PSM ikut berperan menurunkan angka kemiskinan di Kota Padang dari 42,37 persen pada 2022 menjadi 41,97 persen pada 2023.

Baca juga: Pemkot Padang salurkan 795 paket bahan pokok bagi warga kurang mampu

"Kemiskinan menjadi perhatian khusus bagi Pemerintah Kota Padang. Beberapa program telah dibuat khusus untuk mengentaskan kemiskinan seperti bantuan sosial dan bantuan usaha. Peran PSM selaku pilar-pilar sosial ikut menjadi kunci sukses dalam pengentasan kemiskinan di kota Padang," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kota Padang Heriza Syafani menjelaskan PSM adalah warga yang atas dasar rasa kesadaran dan tanggung jawab serta didorong oleh rasa kebersamaan, kekeluargaan, dan kesetiakawanan sosial secara sukarela mengabdi untuk membantu pemerintah dan masyarakat dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

Pemkot Padang memberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi PSM agar menjadi relawan yang tangguh, terampil, dan berdaya guna dalam penanganan masalah sosial yang ada di tengah masyarakat.

Baca juga: Pemkot Padang: Kampung tematik berhasil dongkrak ekonomi lokal

"Bimtek ini digelar dari 23 Januari sampai dengan 7 Februari 2024, yang diikuti oleh 312 PSM se-Kota Padang," ujarnya.

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024