adanya penambahan anggaran ini, kualitas rumah yang akan kita bedah bisa semakin bagus dan berkualitas
Padang (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat kembali memberikan bantuan bedah rumah bagi warga kurang mampu dalam program terintegrasi "Semalam Bersama Wali Kota" (Semata) pada Ramadhan 1445 Hijriah.

"Semata merupakan program yang bertujuan untuk membantu warga kurang mampu di Kota Padang. Sasaran dari program ini adalah warga yang rumahnya tidak layak huni, yang nantinya akan dibedah oleh Baznas Kota Padang," kata Wali Kota Padang, Hendri Septa di Padang, Rabu.

Selain bedah rumah, keluarga penerima akan diinapkan semalam di rumah Dinas Wali Kota Padang, berbuka bersama dan akan diakhiri dengan makan sahur bersama.

Hendri Septa mengatakan anggaran bedah rumah program Semata pada 2024 ditingkatkan dari awalnya senilai Rp25 juta untuk satu rumah menjadi Rp40 juta per rumah.

"Semoga dengan adanya penambahan anggaran ini, kualitas rumah yang akan kita bedah bisa semakin bagus dan berkualitas," katanya.

Baca juga: Warga Lubuk Kilangan terima bantuan bedah rumah dari PT Semen Padang
Baca juga: Pemkot Padang bedah delapan rumah tidak layak huni selama Ramadhan


Program Semata pada 2024 diawali dengan mengunjungi keluarga Arif Kurnia (38) dan Ermita Purnama Sari (32) yang tinggal di Seberang Pebayan RT 04 RW 02, Kelurahan Batang Arau, Kecamatan Padang Selatan, Rabu.

Setelah bersilaturahim dengan pemilik rumah dan warga sekitar, Wali Kota memboyong keluarga tersebut ke rumah dinasnya untuk berbuka bersama.

Sementara itu, penerima bedah rumah Arif Kurnia mengatakan bantuan bedah rumah tersebut sangat besar artinya bagi ia dan keluarga.

Ia menyebut sehari-hari ia hanya bekerja serabutan, tidak memiliki penghasilan tetap. Karena itu meskipun kondisi rumah mereka sangat memprihatinkan, ia belum bisa memperbaiki.

"Kami sekeluarga sangat bersyukur telah dibantu dan rumah kami juga akan dibedah menjadi lebih layak huni. Selama ini kalau hari hujan, rumah bocor di mana-mana," ujarnya.

Baca juga: Pemkab OKU targetkan bedah 70 rumah tidak layak huni pada 2024
Baca juga: Program Bedah Rumah Prabumulih jadi bahan studi kota lain
Baca juga: Pemkot Jaksel & Baznas-Bazis tuntaskan 96 bedah rumah tak layak huni

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024