Solo (ANTARA) - Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menyatakan siapapun yang menang dan kalah pada kontestasi Pemilihan Presiden 2024, maka keamanan tetap menjadi prioritas.

"Saya titip keamanan di Kota Solo, titip tanggal 14 Februari nanti biar semua aman dan lancar," katanya saat memberikan pembekalan pada ratusan petugas Linmas di Kota Surakarta dalam rangka pengamanan Pemilu 2024 di Solo, Jawa Tengah, Senin.

Ia meminta kepada para anggota Linmas ketika terjadi hal-hal kurang mengenakkan agar tetap berkoordinasi dengan Komandan Kodim 0735/Surakarta Letkol Inf Eko Hardianto dan Kapolresta Surakarta Kombes Pol Iwan Saktiadi.

"Kita sekarang prioritasnya keamanan dan kenyamanan warga. Siapapun pilihannya, siapapun yang menang dan kalah, keamanan hal yang paling prioritas di Kota Solo," katanya.

Menurut dia, pada sebuah kontestasi maka menang maupun kalah merupakan hal yang biasa.

"Namun keamanan tetap nomor satu. Habis itu kita lanjut lagi bangun Kota Solo biar tidak disibukkan dengan dinamika pencapresan dan sebagainya," katanya.

Ia juga meminta kepada para anggota Linmas agar ketika hari H pencoblosan tetap menggunakan seragam hijau, sehingga mudah diidentifikasi oleh warga.

Selain itu, ia meminta kepada para petugas Linmas untuk tetap ramah dan sabar, juga tetap melayani warga dengan baik.

"Pokoknya kalau ada apa-apa berkoordinasi dengan Pak Dandim pak Kapolres, tetap melayani dengan senyum sabar," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Kombes Pol Iwan Saktiadi mengatakan petugas Linmas menjadi ujung tombak pengamanan Pemilu 2024 khususnya di tempat pemungutan suara (TPS).

"Linmas merupakan kekuatan besar dan nanti akan ada di masing-masing TPS. Penting membekali mereka hal-hal yang menjadi tugas mereka. Melalui konsolidasi ini diharapkan Linmas mampu bekerja dengan baik dan kerja sama dengan kami di lapangan," katanya.
 

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024