Batusangkar (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Sumatera Barat memberikan bantuan hibah permakanan, sarana prasarana, dan bantuan pendidikan senilai total Rp223,3 juta untuk Panti Asuhan (PA) Hidayah Ilahi di Nagari Lawang Mandahiling, Salimpaung, Kabupaten Tanah Datar.
 
“Bantuan ini merupakan wujud kehadiran negara bagi anak-anak yang tinggal di panti asuhan. Tujuannya agar anak-anak di panti ini mendapatkan hak yang sama seperti dengan anak-anak lain yang tinggal bersama orang tua masing-masing,” kata Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi di Batusangkar, Senin.
 
Mahyeldi mengatakan hal itu saat menyerahkan langsung bantuan hibah tersebut kepada pengelola panti asuhan.

Baca juga: Sebanyak 330 ribu warga Sumbar terima bantuan pangan nasional
 
Gubernur menekankan seluruh anak memiliki hak yang sama untuk belajar agar bisa meraih prestasi dan menggapai cita-cita, sehingga tumbuh menjadi anak-anak yang bermanfaat bagi masyarakat dan bangsa.
 
Oleh karena itu, ia berharap bantuan yang diberikan oleh Pemprov Sumbar itu dapat meningkatkan kualitas program dan tata kelola PA Hidayah Ilahi.
 
"Kami dari pemprov hadir untuk menegaskan harapan bagi anak-anak kita, sehingga mereka menjadi anak-anak yang berprestasi, dan secara langsung akan ikut pula meningkatkan kualitas SDM generasi masa depan bangsa," katanya.

Baca juga: Yarsi Sumbar salurkan zakat dan infak Rp1,8 miliar
 
Gubernur juga mengingatkan bantuan yang diserahkan tersebut agar dikelola sebaik mungkin oleh pengelola panti asuhan. “Anak-anak kita ini harus mendapatkan asupan makan yang bergizi. Selain itu, mereka juga harus senantiasa dilatih dan dibekali berbagai macam keterampilan dan ilmu pengetahuan," ujarnya.
 
Kepala Dinas Sosial Sumbar Syaifullah menyebutkan bantuan yang diserahkan terdiri atas bantuan permakanan senilai Rp135 juta, bantuan sarana dan prasarana dapur senilai Rp51,33 juta, dan  bantuan untuk penunjang pendidikan senilai Rp37 juta.

Baca juga: 12.105 keluarga Solok Selatan Sumbar terima bantuan pangan 2024
 
Sementara itu, Pimpinan Panti Asuhan Hidayah Ilahi Yuskal Anas bersyukur dan berterima kasih kepada jajaran Pemprov Sumbar yang telah menyantuni anak-anak asuh di panti asuhan yang berdiri sejak tahun 1991 tersebut.

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024