Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perindustrian menggelar Business Matching 2024 yang akan diselenggarakan pada bulan Maret mendatang guna mengoptimalkan program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN).

Adapun dalam gelaran Business Matching 2024, Kemenperin menggandeng Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) dengan konsep one stop event, serta lima kegiatan.

“Akan ada lima kegiatan mulai dari temu bisnis hingga pojok konsultasi yang bisa dimanfaatkan seluas-luasnya oleh para peserta yang hadir,” ujar Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dalam acara Kick Off Penghargaan P3DN Tahun 2024 di Jakarta, Senin.

Menperin mengatakan Business Matching merupakan kegiatan yang mempertemukan para produsen produk buatan dalam negeri dengan pemilik anggaran yakni pemerintah dan juga Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Sehingga alokasi anggaran yang diberikan kementerian dan lembaga (K/L), serta BUMN tersebut dapat menjadi bantalan untuk keberlanjutan proses produksi dari berbagai sektor industri yang ada di tanah air.

Selain itu dirinya menyampaikan dalam kegiatan tersebut juga akan diberikan penghargaan penggunaan produk dalam negeri kepada instansi pemerintah dan badan usaha yang terkena kewajiban penggunaan produk domestik, serta kepada produsen dalam negeri yang tidak hanya melakukan pendalaman struktur industri, namun juga mampu memberikan produk yang berkualitas sesuai harapan konsumen.

“Proses penentuan penerima penghargaannya sendiri dapat kami lakukan karena adanya kolaborasi dan interkoneksi data dengan berbagai kementerian dan lembaga,” katanya.

Sebelumnya Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menargetkan 95 persen proyek yang dimiliki Badan Usaha Milik Negara (BUMN) harus menggunakan produk dalam negeri.

Hal itu menurutnya merupakan target yang diberikan oleh Presiden RI Joko Widodo untuk mengoptimalkan program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) pada tahun 2024.

“Target 95 persen 2024 seluruh anggaran APBN dan APBD, serta proyek BUMN 95 persen harus berasal dari produk dalam negeri. Itu target dari Presiden,” katanya dalam acara Kick Off Penghargaan P3DN Tahun 2024 di Jakarta, Senin.

Baca juga: Menaker harap Business Matching Batch 2 dorong UMKM naik kelas

Baca juga: DKI jadikan "Business Matching" sebagai sarana perkenalkan produk UMKM


Pewarta: Ahmad Muzdaffar Fauzan
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2024