pemerintah terus berupaya meningkatkan rasio kewirausahaan Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengharapkan kegiatan Business Matching Tenaga Kerja Mandiri (TKM) Batch 2 Tahun 2023 dapat mendorong UMKM naik kelas.

"Dari Business Matching lanjutan ini diharapkan ada keberlanjutan bisnis antara TKM dengan para mitra, agar ke depannya UMKM dapat naik kelas dan memberikan kontribusi yang lebih powerfull," ujar Ida Fauziyah dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Dalam Business Matching Batch 2 bertajuk "Semangat Kolaborasi dan Bersinergi Untuk Negeri" itu, ia mengatakan saat ini UMKM memegang peran penting bagi kondisi perekonomian Indonesia dengan menyumbang 61 persen dari Pendapatan Domestik Bruto (PDB).

Selain itu, UMKM mampu menyerap 96,9 persen dari total penyerapan tenaga kerja, atau setara dengan 67 juta orang. "Namun demikian angka tersebut masih belum memadai," ujar Menaker Ida.

Baca juga: Kemenkominfo siap fasilitasi santri jadi wirausahawan digital
Baca juga: ASEAN Foundation gelar lokakarya wirausaha sosial ASEAN SEDP 2.0


Ia mengemukakan dibandingkan dengan negara tetangga, rasio kewirausahaan Indonesia berkisar di angka 3,47 persen, tertinggal dari Malaysia maupun Thailand yang angka rasio kewirausahaan sudah di atas 4 persen, dan Singapura mencapai 8,6 persen.

"Oleh karena itu, pemerintah terus berupaya meningkatkan rasio kewirausahaan Indonesia, termasuk menetapkan target jangka pendek sebesar 4 persen pada tahun 2024," ucapnya.

Menaker menambahkan, pihaknya sedang mengemban tugas bersama untuk menurunkan angka pengangguran, kemiskinan ekstrim, hingga meningkatkan kuantitas dan kualitas UMKM.

"Diperlukan solusi dari berbagai pihak agar tugas bersama tersebut dapat diselesaikan secara paripurna,"imbuhnya.

Sementara itu, Plt. Dirjen Binapenta dan PKK Kemnaker, Haiyani Rumondang menambahkan kegiatan Business Matching dilaksanakan untuk memberikan penguatan kepada TKM agar mampu berkembang sehingga mampu berkontribusi dengan perluasan kesempatan kerja.

"Dari penguatan TKM itu, dapat meningkatkan kolaborasi dan sinergitas antara TKM dengan mitra usaha," katanya.

Baca juga: Ini jurus Pegadaian lahirkan wirausahawan mudah Tanah Air
Baca juga: Mendag: Jiwa wirausahawan bisa dibangun sejak kuliah
Baca juga: Kemendikbud dorong lulusan vokasi jadi wirausahawan dibanding ASN

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023