Pasuruan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur menyerahkan sebanyak 24 kendaraan motor jenis trail kepada Polres Pasuruan untuk membantu tugas kepolisian dalam mengamankan Pemilu di semua kecamatan di kabupaten setempat.

Bantuan kendaraan operasional Pemilu 2024 itu diserahkan secara simbolis Pj Bupati Pasuruan, Andriyanto kepada Kapolres Pasuruan, AKBP Teddy Chandra di sela-sela Apel Kesiapsiagaan Linmas Pada Pemilu Serentak 2024, di Halaman Graha Maslahat, Pasuruan, Senin.

Menurut Andri, pengadaan kendaraan operasional roda dua jenis trail ini dianggarkan dari APBD Kabupaten Pasuruan tahun 2024.

"Ini baru proses pembelian jadi sifatnya pinjam pakai. Nanti tidak lama kemudian akan kita hibahkan untuk 24 kecamatan dan kita berikan kepada seluruh Polsek se-Kabupaten Pasuruan," katanya.

Sementara itu, Kapolres Teddy berterima kasih kepada Pemkab Pasuruan yang telah memberikan bantuan kendaraan operasional untuk Polsek di wilayah hukum Polres Pasuruan.

Selanjutnya, kendaraan tersebut akan langsung dipakai sebagai penunjang sarana dalam berbagai kegiatan pengamanan Pemilu. Mulai dari kegiatan preventif, patroli, penjagaan dan kegiatan lain yang bersinergi dengan TNI dan Pemda serta elemen masyarakat lainnya.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Pemkab Pasuruan yang telah menghibahkan kendaraan untuk pengamanan Pemilu 2024. Sementara masih pinjam pakai dulu," ujarnya.

Setelah kendaraan diterima, Polres Pasuruan akan langsung membentuk Tim Patroli Khusus dari Sat Samapta. Tim tersebut akan melakukan patroli secara berkeliling setiap rayon-rayon termasuk wilayah-wilayah yang masuk dalam kategori rawan gesekan.

"Kita akan bentuk tim patroli khusus dari Samapta untuk berkeliling patroli di rayon rayon dan wilayah-wilayah yang memiliki potensi kerawanan kerusuhan, gesekan dan sejenisnya," ujarnya.

Selama ini, Polres Pasuruan memiliki 20 trail yang sudah difungsikan sebagaimana mestinya. Dengan tambahan 24 trail dari Pemkab Pasuruan, membuat kinerja kepolisian semakin terbantukan.

"Kalau di kami ada 20 kendaraan roda dua. Dan dengan tambahan 24 motor lagi, sudah jelas kinerja kami semakin terbantukan. Apalagi ini untuk pengamanan Pemilu 2024," ucapnya.

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024